logo


Pemerintah Jerman Peringatkan Raja Thailand untuk Tak Berpolitik saat Tinggal di Jerman

Melakukan kegiatan politik luar negeri saat tinggal di Jerman adalah tindakan yang ilegal

27 Oktober 2020 10:45 WIB

Jerman
Jerman istimewa

BERLIN, JITUNEWS.COM - Pemerintah Jerman terus melanjutkan penyelidikan terhadap tindakan raja Thailand, yang berniat untuk memperpanjang masa tinggalnya di Jerman, saat aksi protes pro-demokrasi di Thailand terus meningkat.

"Kami terus memantaunya," kata Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas dikutip dari Reuters, Selasa (27/10).

"Akan ada konsekuensi jika kami menemukan adanya tindakan ilegal," tambahnya.


Erdogan Minta Rakyat Turki Boikot Produk Perancis

Pada Minggu (25/10), para demonstran Thailand berencana untuk membuat petisi yang akan diserahkan kepada pemerintah Jerman melalui kedutaan besarnya di Bangkok. Dalam petisi tersebut, mereka meminta pemerintah Jerman untuk menggelar investigasi Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang diduga menggunakan kekuasaannya untuk mengatur politik Thailand dari luar negeri, saat ribuan orang melakukan aksi protes di Bangkok.

Para pendemo tersebut juga menyerahkan sebuah surat kepada kedutaan besar Jerman untuk menanyakan apakah raja Thailand diijinkan menggunakan kekuasaannya untuk mengendalikan politik dalam negeri Thailand dari Jerman.

Menanggapi pertanyaan tersebut, pemerintah Jerman menyatakan bahwa jika terbukti, maka tindakan Raja Thailand tersebut telah melanggar hukum yang berlaku di Jerman.

Paris Minta Negara-negara Muslim Hentikan Boikot Produk Perancis

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia