logo


Pengin Bikin Website untuk Bisnis? Ini Cara Tepat Menentukan Nama Domain

Di era teknologi maju ini banyak orang mulai membangun bisnis online dengan menggunakan website

26 Oktober 2020 17:29 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di era teknologi maju ini banyak orang mulai membangun bisnis online, salah satunya dengan menggunakan website. Saat ini, website sering dijadikan sebagai sumber mata pencaharian.

Untuk membangun website, Kawan Jitu perlu hosting sebagai penyimpanan data berupa script, gambar, dan sebagainya yang ditampilkan di website. Tak hanya itu, domain yang merupakan nama alamat website juga diperlukan.

Trik Memilih Nama Domain


Tips Berbisnis Forex Ini Mudahkan Pemula Meraup Keuntungan

Nama domain cukup penting demi kesuksesan sebuah website. Sebelum membuat website, ada trik untuk menentukan nama domain yang pas untuk website Anda.

1. Menentukan Kata Kunci

Kata kunci sangat penting untuk menentukan nama domain. Nama alamat website yang akan dipakai harus disesuaikan dengan tema atau isinya. Oleh karena itu, Anda harus menemukan kata kunci yang tepat.

Anda bisa memulai dengan mencari kata kunci sebanyak-banyaknya di Google terkait tema website. Semakin bagus rating kata kunci yang Anda pakai, maka akan semakin mudah nama domain diakses oleh pengunjung website.

2. Gunakan Atribut

Atribut merupakan kata tambahan yang melengkapi kata kunci utama nama domain. Ada banyak jenis atribut yang bisa ditambahkan pada nama domain. Salah satu atribut yang sering dipakai adalah lokasi. Anda bisa menambahkan nama lokasi usaha atau domisili saat ini.

Selain atribut lokasi, Anda juga bisa menambahkan atribut lain seperti nama sifat. Sebagai contoh, Anda bisa tambahkan kata ‘murah’ di belakang kata kunci domain. Adanya atribut akan menambahkan kesan unik nama domain yang Anda pakai.

3. Pertimbangan Nama yang Singkat

Membuat nama domain, sebaiknya menggunakan kata yang pendek. Kata yang pendek akan lebih mudah diingat oleh pengunjung web, dibandingkan dengan nama yang panjang.

Sebelum membuat website, tentu Anda sudah punya brand usaha. Pastikan brand Anda ini benar-benar unik, sehingga nama domain yang tercipta juga unik nantinya.

Beberapa contoh dari domain ternama yang sudah banyak digunakan masyarakat adalah facebook.com, twitter.com, dan lain sebagainya.
Dari beberapa contoh nama domain ternama di dunia tersebut, Anda bisa ambil pelajaran bahwa nama domain bisa Anda ambil dari brand usaha.

4. Gunakan Ekstensi Berbeda

Pada umumnya, ekstensi nama domain yang sering dipakai developer web adalah COM. Anda juga bisa memilih domain ID jika ingin website lebih terfokus untuk segmen Indonesia dan lebih terjamin keamanannya. Selain itu, masih ada beberapa pilihan ekstensi seperti, NET, CO.ID, dan sebagainya.

Pastikan Anda memilih domain dari penyedia hosting dan domain berkualitas seperti Niagahoster. Keuntungan menggunakan web hosting dan domain dari Niagahoster yaitu bisa mendapatkan layanan bantuan 24 jam. Data center yang digunakan adalah DCI Tier 4 yang mumpuni dan sangat terawat. Selain itu, website Anda dapat dilengkapi fitur keamanan dan kecepatan terbaru.

5. Menggabungkan Beberapa Kata Kunci

Secara sekilas, trik ini mungkin hampir sama dengan trik menambahkan atribut kata. Namun, kata yang akan Anda gabungkan kali ini bukan sekedar atribut. Kata yang akan digabungkan adalah kata kunci. Contohnya domain facebook.com. Dari domain tersebut tentu Anda tahu bahwa kata face dan book adalah dua kata kunci yang digabungkan.

Membuat website dan domain itu sangat mudah. Anda bisa belajar dari berbagai sumber di media online.

Pengin Punya Website Keren? Yuk Pakai Jasa Pembuatan Website Ini

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata