logo


Jokowi Minta MUI, NU, dan Muhammadiyah Dilibatkan Terkait Vaksinasi Covid-19

Jokowi ingin semua pihak untuk memperhatikan aspek keamanan vaksin Covid-19.

26 Oktober 2020 15:45 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Setkab

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo ingin NU, Muhammadiyah, dan juga MUI dilibatkan untuk meyakinkan soal kehalalan vaksin Covid-19.

"Kita libatkan dari awal majelis dan organisasi keagaamaan, MUI, NU, Muhammadiyah, dan ormas-ormas yang lainnya terutama dalam menjelaskan soal manfaat vaksin dan meyakinkan kepada umat mengenai kehalalan dari vaksin," kata Jokowi rapat terbatas secara virtual, Senin (26/10).

Jokowi juga berpesan untuk dilakukan pelatihan dan simulasi vaksinasi Covid-19.


Rocky Gerung: SBY Bikin UU ITE untuk Tangkap Penyelundupan, Jokowi Pakai Buat Bikin Borgol

"Lakukan pelatihan dan simulasi, baik oleh tenaga kesehatan maupun tenaga keamanan yang nanti atau relawan yang nanti dilibatkan dalam pelaksanaan vaksinasi," ujar Jokowi.

Jokowi ingin semua pihak untuk memperhatikan aspek keamanan vaksin Covid-19.

"Saya melihat aspek keamanan vaksin menjadi concern utama masyarakat, termasuk para pakar dan peneliti karena itu semua tahapan harus melalui kaidah-kaidah saintifik, kaidah ilmu pengetahuan berdasarkan data sains dan standar-standar kesehatan," ujar Jokowi.

"Hati-hati, jangan sampai kita tergesa-gesa ingin vaksinasi sehingga kita kaidah-kaidah saintifik, data-data kesehatan dinomorduakan. Tidak bisa. Jangan timbul persepsi bahwa pemerintah itu tergesa-gesa, terburu-buru tanpa ikuti koridor-koridor ilmiah yang ada. Tolong betul-betul kita lalui semuanya meskipun ingin dipercepat, tapi sekali lagi hal-hal tadi jangan sampai dilupakan," sambung Jokowi.

Pemerintah Optimistis Pandemi Bakal Bikin Indonesia Semakin Maju

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata