logo


Elektabilitas Gerindra Naik Pesat, Indikator Politik Sebut karena Main 2 Kaki dengan Pengkritik Fadli Zon

Gerindra sukses main dua kartu sebagai bagian dari pemerintah dan partai pengkritik pemerintah

26 Oktober 2020 07:00 WIB

otoritasnews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berdasarkan hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia, Gerindra mengalami kenaikan elektabilitas yang sangat pesat yakni sebesar 3,4 persen selama dua bulan terakhir.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menduga bahwa kenaikan elektabilitas Gerindra diperoleh karena berhasil memainkan dua kartu. Gerindra sebagai bagian dari pemerintah dan sebagai partai pengkritik pemerintah.

"Saya menduga Gerindra naik karena mampu memainkan dua kaki, satu sebagai bagian dari pemerintah, mendapatkan intensif sebagai the ruling party, tapi di sisi lain masih menjaga figur kritis yang mencoba merawat basis-basis Gerindra lama," kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei nasional pihaknya yang bertema 'Politik Demokrasi, dan Pilkada di Era Pandemi', secara daring, Minggu (25/10/2020).


Sandiaga Uno Diusulkan Jadi Ketum PPP, Gerindra: Kami Pasti Berat

BUrhanuddin mengatakan bahwa Gerindra masih memiliki sifat kritis terhadap pemerintah yang diperankan oleh dua kadernya yakni Fadli Zon dan Andre Rosiade. Ia menyebut kritik yang kerap disampaikan Fadli dan Andre mirip dengan kritik yang disampaikan PKS melalui Mardani Ali Sera.

"Kalau kritik pemerintah (Fadli dan Andre) enggak ada bedanya dengan Mardani," ujarnya.

Sandiaga Uno Diusulkan Jadi Ketum PPP, Habiburokhman: Insyaallah Betah Banget di Gerindra

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati