logo


Agar Rakyat Berani, Sujiwo Tedjo: Baiknya Para Petinggi Dulu yang Divaksin Covid-19

Petinggi negara seharusnya memberi contoh dengan melakukan vaksin terlebih dahulu sebelum diujikan ke masyarakat.

25 Oktober 2020 10:24 WIB

Sudjiwo Tedjo
Sudjiwo Tedjo iphincow.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Budayawan kontemporer, Sujiwo Tedjo menanggapi rencana pemerintah melakukan vaksinasi pada November 2020. Menurutnya, petinggi negara seharusnya memberi contoh dengan melakukan vaksin terlebih dahulu sebelum diujikan ke masyarakat.

"Tentang vaksinasi Corona baiknya para petinggi dulu yang divaksin, setelah terbukti mereka berani divaksin baru rakyat akan berani," cuit Sujiwo Tejo di akun Twitternya @sujiwotedjo, dilihat pada Minggu (25/10).

Pria yang menjuluki dirinya Presiden Jancukers itu menilai petinggi negara harus bisa menjadi teladan bagi rakyatnya, sebagaimana ajaran Ki Hadjar Dewantara. Oleh karena itu, ia meminta para pejabat tak mengesampingkan ajaran tersebut.


Cegah Peningkatan Kasus Covid-19, Warga Inggris Diminta Buka Jendela saat Musim Dingin

"Ini sesuai dengan ajaran Ki Hadjar Dewantara bahwa pemimpin itu harus “Ing ngarso sung tulodo” (di depan memberi contoh). Jangan khianati Ki Hadjar," tegasnya.

Pemerintah sebagai pencetus ide program vaksinasi semestinya memberi contoh agar rakyat bisa berada di jalur yang diharapkan.

"Kalau idenya dari rakyat, pemimpin mendukung dari belakang (tut wuri handayani). Kalau idenya dari pemimpin, pemimpin harus di depan ngasih contoh (ing ngarso sung tulodho)," tulis Sujiwo Tejo dalam kicauan lainnya.

Disemprot Denise Chariesta, Awkarin: Lucu Banget sih...

Halaman: 
Penulis : Iskandar