logo


Cegah Peningkatan Kasus Covid-19, Warga Inggris Diminta Buka Jendela saat Musim Dingin

Tim peneliti pemerintah Inggris mengatakan bahwa sirkulasi udara dan ventilasi ruangan berperan penting dalam pencegahan virus Covid-19

24 Oktober 2020 17:30 WIB

Virus Corona Covid-19
Virus Corona Covid-19 kompas.com

LONDON, JITUNEWS.COM - Sejumlah pakar kesehatan Inggris mengatakan bahwa ventilasi ruangan sangat penting dalam upaya menekan laju penyebaran virus Covid-19. Mereka mengungkapkan bahwa partikel virus Covid-19 bisa melayang diudara dalam bentuk aerosol dan bertahan dalam waktu yang lebih lama.

"Ventilasi harus diintegrasikan dalam strategi mitigasi resiko Covid-19 untuk gedung-gedung umum dan tempat kerja," kata tim peneliti pemerintah Inggris dikutip dari The Guardian, Sabtu (24/10).

"Adanya ventilasi di banyak lingkungan membutuhkan keahlian teknik, dan langkah mitigasi harus diambil secara spesifik terkait jenis bangunan dan para pengguna, tipe ventilasi, serta seberapa lama aktifitas dan paparan yang ada," tambahnya.


Eropa dan Amerika Utara Sedang Alami Periode Krusial dalam Pandemi Covid-19

Prof Linda Bauld, seorang pakar kesehatan publik Universitas Edinburgh, juga mengungkapkan hal yang senada.

"Ini merupakan topik yang sangat penting yang sejauh ini tidak banyak mendapatkan perhatian," katanya.

"Bagaimana anda bisa mendapatkan sirkulasi udara di ruangan tertutup? Di hampir semua situasi yang ada di Inggris, semua itu hanya berkaitan dengan jendela dan pintu," tambahnya.

Sementara itu, Dr Shaun Fitzgerald dari Universitas Cambridge yang merupakan salah satu anggota tim peneliti tersebut mengatakan bahwa masyarakat Inggris perlu menyadari hal ini mengingat pada musim dingin mereka cenderung menutup semua jendela dan ventilasi udara untuk menghindari hawa dingin.

"Kita perlu meningkatkan kesadaran, khususnya di cuaca yang lebih dingin dimana kecenderungan yang terjadi di banyak tempat adalah menutup jendela dan ventilasi," ujarnya.

Presiden XI Jinping Sebut China Siap Perang dengan Siapapun yang Ganggu Mereka

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia