logo


AS Segera Bangun Pangkalan di Wilayah Pasifik untuk Hadapi Angkatan Laut China

Penasihat Keamanan Nasional AS Robert O'Brien mengatakan bahwa China tengah melakukan sejumlah aktivitas yang mengancam stabilitas keamanan di kawasan Pasifik

24 Oktober 2020 15:15 WIB

Kapal Penjaga Pantai AS
Kapal Penjaga Pantai AS istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat berencana untuk segera membangun pangkalan di wilayah Pasifik sehingga mereka dapat mengerahkan sejumlah kapal patroli penjaga pantai mereka ke wilayah perairan tersebut untuk menghadapi China yang tengah melakukan sejumlah kegiatan yang mengancam kestabilan kawasan. Hal itu disampaikan oleh penasihat keamanan nasional AS Robert O'Brien, Jumat (23/10).

"China tengah melakukan operasi ilegal di zona ekonomi eksklusif beberapa negara di kawasan Indo-Pasifik yang mengancam kedaulatan AS, dan sejumlah negara Pasifik lainnya serta membahayakan stabilitas regional," kata O'Brien dikutip dari Reuters, Sabtu (24/10).

Ia menambahkan bahwa AS juga merupakan salah satu kekuatan yang ada di Pasifik sehingga perlu mengamankan wilayah teritorial mereka.


Dukung Perdamaian Afghanistan, NATO Minta Taliban Putuskan Hubungan dengan Al Qaeda

"Upaya AS ini, termasuk (menerjunkan) pasukan penjaga pantai, sangat penting untuk dilakukan guna menghadapi aksi merusak stabilitas kawasan tersebut," tambahnya.

Sementara itu, pasukan penjaga pantai AS sejauh ini masih belum berkomentar terkait pernyataan O'Brien yang muncul menjelang kunjungan Menteri Sekertaris Negara AS Mike Pompeo ke Asia.

O'Brien juga mengatakan bahwa Penjaga Pantai AS, yang berada di bawah Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS), juga telah melakukan penelitian untuk membangun pangkalan permanen di wilayah Samoa Amerika yang berada di Pasifik Selatan.

Korea Utara Minta Warganya Hindari Badai Kuning dari China yang Bawa Virus Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia