logo


Donald Trump Sebut Polusi Udara di India "Menjijikan"

Dalam acara debat capres AS, Donald Trump menyebut polusi udara di China, Rusia dan India sangat menjijikan

23 Oktober 2020 20:11 WIB

Donald Trump
Donald Trump istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Dalam debat capres AS kedua yang digelar pada Kamis (22/10), kandidat incumbent Donald Trump mengatakan bahwa India memiliki kualitas udara yang menjijikan.

"Lihat saja China, bagaimana menjijikannya. Lihatlah Rusia. Lihatlah India. Udara di sana menjijikkan," kata Trump dikutip dari Sputniknews, Jumat (23/10).

Kalimat negatif yang dilontarkan Trump kepada China, Rusia dan India tersebut memicu berbagai macam reaksi dari para pengguna sosial media, khususnya terkait dengan hubungan antara Trump dengan PM India Narendra Modi.


Perancis Hadapi Gelombang Kedua Covid-19, Virus Menyebar Lebih Cepat

Vishnu Som, seorang jurnalis yang bekerja di jaringan NDTV India mengatakan bahwa pernyataan Donald Trump tersebut adalah sebuah fakta dimana kualitas udara India memang benar-benar "menjijikan".

Hal senada juga diungkapkan oleh Shekhar Gupta, Pimpinan redaksi koran India The Print.

"Setiap tahun, 15 dari 20 kota dengan kualitas udara paling menjijikan di dunia berada di India. Kita juga tidak berupaya untuk menanganinya," cuit Gupta dalam Twitternya, dikutip dari Al Jazeera.

Meski demikian, sejumlah netijen lainnya juga mengecam pernyataan Trump tersebut. Bahkan menyebut pernyataan Trump tersebut sebagai penghinaan.

"Wow. Luar biasa. Langkah yang hebat untuk memenangkan (suara) warga AS keturunan India," kata Wajahat Ali, seorang jurnalis yang bekerja di Amerika Serikat.

Ironisnya, pernyataan tersebut ia lontarkan menjelang kunjungan Menteri Sekertaris Negara AS Mike Pompeo ke New Delhi pada pekan depan untuk menggelar pembicaraan guna meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara.

Presiden Xi Jinping Tak Akan Biarkan Kedaulatan China Dirusak oleh Pihak Asing

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia