logo


Presiden Xi Jinping Tak Akan Biarkan Kedaulatan China Dirusak oleh Pihak Asing

Presiden China menegaskan bahwa ia tidak akan membiarkan kedaulatan dan keamanan nasional China dirusak oleh pihak asing

23 Oktober 2020 19:30 WIB

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Dalam peringatan tujuh puluh tahun pertempuran Korea dimana China membantu Korea Utara melawan pasukan AS dan Korsel, Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa ia tidak akan pernah membiarkan kedaulatan, keamanan dan integritas China dirusak oleh pihak asing.

"Biar seluruh dunia tahu bahwa "rakyat China sekarang telah terorganisir dan tidak untuk diremehkan," kata Xi Jinping mengutip kalimat Mao Zedong, pendiri Republik Rakyat China, dilansir dari Reuters, Jumat (23/10).

Meski tidak secara langsung menyebut bahwa ancaman terhadap kedaulatan China kemungkinan datang dari Taiwan ataupun AS, namun Xi meminta adanya percepatan dalam hal modernisasi kekuatan pertahanan nasional dan pasukan bersenjata China.


Rusia Kecam Pembangunan Pemukiman Yahudi di Tepi Barat oleh Israel

"Tanpa pasukan yang kuat, tidak akan ada negara yang kuat," tambahnya.

Seperti diketahui, tensi dalam hubungan AS-China semakin memanas beberapa bulan belakangan ini terlebih saat Washington berencana menjual senjata mereka ke Taiwan dan mengirimkan sejumlah pejabat tinggi mereka untuk berkunjung ke Taipei.

Langkah AS tersebut jelas membuat Beijing meradang. Pasalnya, Taiwan masih dianggap sebagai wilayah teritorial China. Sehingga semua rencana kerja sama AS dengan pemerintah Taiwan dianggap sebagai bentuk intervensi urusan dalam negeri China.

Perancis Hadapi Gelombang Kedua Covid-19, Virus Menyebar Lebih Cepat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia