logo


Sebut Lahan Pertanian Berubah Jadi Real Estate, Prabowo: Apakah Kita Bisa Makan Beton?

Prabowo Subianto menyoroti soal alih fungsi lahan pertanian yang diubah untuk pembangunan apartemen.

23 Oktober 2020 18:45 WIB

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto Kementerian Pertahanan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, menyoroti soal alih fungsi lahan pertanian yang diubah untuk pembangunan apartemen.

"Bukankah kolonialis bangsa Eropa dahulu masuk ke Indonesia pada awalnya untuk mencari komoditas pangan yaitu rempah-rempah, dan bukankah mereka memandang kepulauan kita sebagai sumber kekayaan yang harus diperas habis. Kekhawatiran bahwa itu akan terulang semakin beralasan kalau kita mencermati perkembangan dinamika lingkungan strategis global regional dan nasional," ujar Prabowo dalam Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-57 Fakultas Kehutanan UGM yang disiarkan secara daring, Jumat (23/10).

Prabowo menilai di saat pertumbuhan penduduk semakin meningkat, namun lahan pertanian semakin menyusut.


Prabowo ke AS Disebut Bencana HAM Indonesia, Dahnil: Beliau ke AS untuk Perkuat Kerja Sama

"Misalnya jumlah pertumbuhan penduduk semakin meningkat, sementara lahan pertanian malah menyusut karena masifnya alih fungsi lahan, begitu banyak lahan untuk pertanian berolah menjadi real estate. Pertanyaannya adalah apakah kita bisa makan semen? apakah kita bisa makan beton? untuk apa menara-menara apartemen real estate yang hebat-hebat kalau rakyat tidak bisa makan," sambungnya.

Maka dari itu, ketahanan pangan sangat penting bagi Indonesia. Menurutnya, hal itu harus didukung oleh semua elemen masyarakat.

"Seperti saya sampaikan sebelumnya bahwa ketahanan pangan food security, kemandirian pangan food resilience dan terutama kedaulatan pangan food sovereignty harus menjadi tekad bersama untuk kita wujudkan bersama-sama. Lebih jauh lagi kedaulatan pangan nasional harus didukung semua pihak didukung oleh semua program terkait didukung oleh sumber daya lahan yang cukup sumber daya manusia yang tangguh serta dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Prabowo.

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi, Kinerja Menhan Prabowo Paling Memuaskan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata