logo


Presiden Rusia Sebut China dan Jerman Akan Jadi Negara Superpower Baru

Vladimir Putin mengatakan bahwa peranan sejumlah negara di kancah politik dan perekonomian global mengalami peningkatan yang signifikan

23 Oktober 2020 17:30 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin Ist

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa era dimana semua urusan politik dan perekonomian berkiblat ke Moskow dan Washington telah usai. Ia menyebut China dan Jerman tengah memainkan peranan penting dalam kancah politik dan ekonomi global.

"Dalam hal perekonomian dan pengaruh politik, China secara aktif bergerak menuju status negara superpower. Jerman juga bergerak menuju arah yang sama," kata Putin dikutip dari Russia Today, Jumat (23/10).

Ia menambahkan, peranan Inggris dan Perancis dalam masalah internasional juga mengalami transformasi yang signifikan.


Vladimir Putin Sebut Korban Tewas dalam Konflik Nagorno-Karabakh Hampir 5 Ribu Orang

Oleh karena itu, ia heran mengapa Amerika Serikat bersikeras mempertahankan statusnya sebagai satu-satunya negara superpower dan seakan tidak ingin negara lain menyaingi mereka. Namun, Putin tidak menjelaskan secara rinci mengenai hal itu. Ia hanya fokus pada perlunya menjalin kerjasama dengan negara-negara lain dalam menghadapi situasi krisis akibat pandemi.

Meski sejumlah negara terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, namun ia menolak pandangan sejumlah pakar internasional yang menyebut bahwa Rusia perlahan-lahan mengalami kemunduran.

Greenpeace Kecam Rencana Jepang Buang Limbah Air Radioaktif Fukushima ke Laut

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia