logo


Jadi Buruan AS, Edward Snowden Dapat Permanent Residence dari Rusia

Pemerintah Rusia memberikan ijin tinggal tetap atau permanent residence bagi mantan pegawai CIA, Edward Snowden

22 Oktober 2020 20:20 WIB

Edward Snowden
Edward Snowden istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Mantan pegawai CIA Edward Snowden telah mendapatkan Permanent Residence dari pemerintah Rusia. Hal tersebut disampaikan oleh Anatoly Kucherena, selaku kuasa hukum Snowden pada Kamis (22/10). Dengan Permanent Residence tersebut, maka Snowden bebas tinggal, menetap, bekerja atau pun berbisnis di seluruh wilayah Rusia.

"Edward Snowden telah menerima ijin Permanent Residence di Rusia," ujarnya dikutip dari Sputniknews.

Snowden diketahui telah tinggal di Rusia sejak tahun 2013 lalu. Ia melarikan diri dari Amerika Serikat usai membocorkan sejumlah dokumen rahasia dimana dokumen tersebut menunjukkan bahwa Agen Keamanan Nasional AS telah melakukan pengumpulan rekaman percakapan telepon jutaan warga AS. Sejak saat itu, ia menjadi salah satu most wanted atau buronan atas kasus spionase.


China Ancam Lakukan Balasan jika AS Benar-benar Jual Senjata ke Taiwan

Pada bulan September 2019 lalu, Departemen Kehakiman AS menggugat Snowden karena telah melanggar kewajiban dengan tidak menyerahkan buku autobiografinya kepada pemerintah AS untuk dikaji terlebih dahulu sebelum dirilis.

Pada Desember 2019, pengadilan AS memutuskan bahwa pemerintah AS berhak menerima semua hasil keuntungan penjualan Edward Snowden karena adanya pelanggaran tersebut.

Pada bulan September 2020 lalu, CNN melaporkan bahwa Snowden sepakat untuk memberikan hak royalti kepada pemerintah AS dari penjualan buku berjudul "Permanent Record" sebesar lebih dari USD 5 juta.

Turki Nekat Perpanjang Misi Eksplorasi Migas di Mediterania Timur

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia