logo


Washington Sebut Enam Media China yang Beroperasi di AS sebagai Penyebar Propaganda

Menteri Sekertaris Negara AS Mike Pompeo memberi label enam media China yang beroperasi di AS sebagai penyebar propaganda China

22 Oktober 2020 14:54 WIB

Sekretaris Negara AS Mike Pompeo
Sekretaris Negara AS Mike Pompeo istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Menteri Sekertaris Negara AS Mike Pompeo pada Rabu (21/10) mengumumkan bahwa pihaknya telah memberikan label "corong pemerintahan asing" kepada enam perusahaan media China yang beroperasi di AS. Ia mengatakan bahwa langkah tersebut bertujuan untuk melawan propaganda komunis China di AS.

Enam perusahaan media asal China tersebut adalah Yicai Global, Jiefang Daily, the Xinmin Evening News, Social Sciences China Press, the Beijing Review, dan the Economic Daily.

"Mereka (media tersebut) juga secara substansial dimiliki, atau secara efektif dikendalikan oleh sebuah pemerintahan asing (China)," kata Pompeo dikutip dari Reuters, Kamis (22/10).


Tak Ingin Rakyatnya Jadi Kelinci Percobaan, Presiden Brazil Tolak Vaksin Covid-19 Buatan China

"Kami tidak memberikan pembatasan terhadap publikasi media-media ini di AS, kami hanya ingin memastikan rakyat Amerika, konsumen informasi dapat membedakan antara berita yang ditulis oleh pers bebas dan propaganda yang disitribusikan oleh Partai Komunis China," tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, pimpinan redaksi surat kabar Global Times mengatakan bahwa tindakan AS tersebut terlalu jauh dimana pemerintah China juga akan melakukan hal serupa kepada media-media AS yang beroperasi di Hong Kong.

"Selama media China mendapat perlakuan yang berbahaya, Beijing jelas akan membalas, dan media AS yang beroperasi di Hong Kong kemungkinan juga akan masuk dalam daftar balasan," kata Hu Xijin dalam cuitan Twitternya.

AS Setujui Permohonan Penjualan Senjata ke Taiwan Senilai USD 1.8 Miliar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia