logo


AS Sebut China Berusaha Curi Hasil Riset Vaksin Covid-19 Negara-negara Barat

Penasihat Keamanan Nasional AS menyebut bahwa China sedang berupaya mencuri hasil riset vaksin Covid-19 dari semua perusahaan di negara Barat

22 Oktober 2020 13:06 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Penasihat Keamanan Nasional Presiden Donald Trump pada Rabu (21/10) menuding China mencoba mencuri hasil riset vaksin Covid-19 yang dilakukan oleh negara-negara barat. Ia juga menyebut China berupaya untuk memonopoli semua industri penting di abad ke-21 ini.

"Partai Komunis China tengah mencari cara untuk mendominasi di semua sektor...dan berencana untuk memonopoli semua industri yang ada pada abad ke-21 ini," kata Robert O'Brien dikutip dari CNA pada Kamis (22/10).

Presiden AS Donald Trump selama ini juga telah menganggap China sebagai kompetitor utama mereka, dan menuduh Partai Komunis China hanya mengambil keuntungan dari sektor perdagangan antara kedua negara dan tidak mengungkapkan kebenaran mengenai wabah virus Corona Covid-19.


Pertanyakan Apa yang China Tawarkan ke Indonesia, Pengamat: Bila Ketergantungan, RI Pilih AS

"Baru-baru ini, China menggunakan taktik spionase siber yang mengincar perusahaan-perusahaan yang mengembangkan vaksin Covid-19 di Eropa, Inggris dan Amerika Serikat," tambahnya.

Sektor ekononomi dan militer China mengalami peningkatan tajam dalam 40 tahun terakhir, dan dianggap menjadi salah satu kekuatan geopolitik beberapa waktu terakhir ini, setelah runtuhnya Uni Soviet yang membuat perang dingin berhenti.

Intelijen AS Sebut Iran dan Rusia Coba Intervensi Pilpres AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia