logo


PDIP: Kalau Indonesia Ribut Terus, yang Akan Senang Negara Lain

Hasto berharap berbagai pihak bisa bersikap lebih dewasa dalam berpolitik dan mengutamakan kemajuan negara.

22 Oktober 2020 04:45 WIB

Hasto Kristiyanto.
Hasto Kristiyanto. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal PDIP) Hasto Kristiyanto memuji pemerintahan Jokowi-Maruf yang sudah genap setahun pada 20 Oktober 2020. Dia mengatakan banyak kemajuan yang dicapai pemerintah hingga kini, seperti pembangunan jalan tol, bendungan, kereta api, bandara, pasar rakyat, dan pembangkit listrik.

Namun, Hasto juga menyoroti pihak yang hanya memandang negatif rezim saat ini. Menurutnya, seluruh lapisan seharusnya mengedepankan semangat persatuan, gotong royong, dan bela rasa di masa pandemi Covid-19.

Dia merasa khawatir jika kekisruhan yang terjadi akan menguntungkan negara lain. Oleh karena itu, Hasto berharap berbagai pihak bisa bersikap lebih dewasa dalam berpolitik dan mengutamakan kemajuan negara.


Politikus PDIP: Masih Ada Elite Politik yang Hanya Melihat dari Sisi Negatif, Penuh Iri

"Kalau Indonesia ribut terus, yang akan senang negara lain, karena itu kedewasaan politik seharusnya dikedepankan. Saatnya kedepankan tanggung jawab bersama demi kemajuan bangsa. Di sinilah sikap kenegarawanan dikedepankan, apa yang dapat diberikan bagi kemajuan dan kejayaan bangsanya?" ujar Hasto dalam keterangannya, Rabu (21/10).

Hasto menerangkan, Indonesia punya sejarah yang lebih mentereng ketimbang negara-negara lain dengan menganut Pancasila. Sejarah mencatat Pancasila telah membangun persaudaraan dan memerdekakan sejumlah negara muslim.

Akan tetapi, lanjut Hasto, kondisi itu justru terbalik saat ini. Dia menilai politik hanya terus dihadapkan pada bangsa sendiri, dan mengesampingkan tugas penting dalam membawa nama baik negeri.

"Sekarang ini keadaan terbalik, praktik politik hanya ke dalam, berhadapan dengan bangsa sendiri. Lupa pada tugas maha penting untuk bagaimana seluruh anak bangsa bertindak ke luar dan membawa nama harum di dunia internasional," jelasnya.

1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Fadli: Rakyat dan Negara Memikul Beban yang Kian Berat

Halaman: 
Penulis : Iskandar