logo


1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Fadli: Rakyat dan Negara Memikul Beban yang Kian Berat

Fadli menyebut dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf banyak sekali kemunduran

21 Oktober 2020 16:45 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politikus Partai Gerindra, Fadli Zon angkat bicara mengenai satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin.

Fadli menilai selama enam tahun Jokowi menjabat, banyak kemunduran yang terjadi. Menurutnya, rakyat dan negara banyak memikul beban berat.

"Kalau diminta menilai perjalanan setahun terakhir, apalagi enam tahun terakhir, tanpa bermaksud melebih-lebihkan, cukup jelas saya melihat ada banyak sekali kemunduran yang telah kita alami," kata Fadli seperti dilihat di akun Twitternya, Rabu (21/10).


Sebut 1 Tahun Jokowi Alami Penurunan, PKS: Yang Naik Hanya Utang dan Penangkapan Aktivis

"Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, rakyat dan negara sama-sama memikul beban yang kian berat," tambahnya.

Fadli menyebut ada beberapa beban yang semakin berat di pemerintahan Jokowi.

"Pertama, adalah beban utang. Akibat miskalkulasi, mismanajemen, serta kerja-kerja pembangunan tuna konsep, Indonesia kini harus menanggung beban utang yang sangat berat," katanya.

Fadli menyebut saat ini Indonesia menempati urutan keenam utang luar negeri tertinggi di antara negara bependapatan menengah dan rendah.

"Selain utang luar negeri, tahun ini pemerintah juga telah menerbitkan Global Bond sebesar US$4,3 miliar dengan tenor 30 tahun. Artinya, utang ini akan jatuh tempo pada tahun 2050," katanya.

Politikus PDIP: Masih Ada Elite Politik yang Hanya Melihat dari Sisi Negatif, Penuh Iri

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata