logo


Perkuat Hubungan, Rusia Segera Buka Kantor Cabang Kementerian Pertahanannya di Serbia

Rusia berencana memperkuat hubungan dengan Serbia, yang belakangan ini tengah berupaya untuk masuk menjadi anggota Uni Eropa

21 Oktober 2020 16:23 WIB

Jet MiG-29
Jet MiG-29 istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Pemerintah Rusia berencana untuk membangun dan membuka sebuah kantor perwakilan Kementerian Pertahanan mereka di Serbia guna meningkatkan hubungan militer antara kedua negara, meskipun Serbia sendiri tengah mencari jalan untuk menjadi negara anggota Uni Eropa.

Pada bulan September lalu, pemerintah Serbia terpaksa menunda kegiatan latihan militer mereka dengan pasukan Rusia dan Belarus selama enam bulan karena adanya tekanan dari pihak Uni Eropa.

Berdasar instruksi Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin, dibukanya kantor perwakilan kementerian pertahanan Rusia di Serbia tersebut akan membantu penyelesaian masalah yang terjadi pada kedua negara, terutama untuk sektor militer.


AS Tawarkan Bantuan Finansial bagi Brazil untuk Beli Peralatan 5G dari Perusahaan Selain Huawei

Dengan cara itu, nantinya sejumlah perwakilan Rusia di Serbia berhak untuk melakukan kunjungan ke divisi militer Serbia yang menggunakan peralatan dan perlengkapan buatan Rusia.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Pertahanan Serbia mengatakan jika pihaknya telah menerima dan memproses rencana Rusia tersebut, dan telah merilis sebuah prosedur resmi yang memungkinkan kesepakatan tersebut untuk dapat dilakukan.

Untuk diketahui, militer Serbia sangat bergantung kepada teknologi persenjataan bekas Uni Soviet. Mereka juga telah memperoleh sejumlah pesawat tempur jenis MiG-29, helikopter Mi-35, tank T-72 dan berbagai kendaraan lapis baja buatan Rusia dalam beberapa tahun terakhir.

Kunjungan Sejumlah Pejabat Uni Emirat Arab ke Israel Picu Kemarahan Rakyat Palestina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia