logo


Vaksin Covid-19 Buatan Rusia untuk Hewan Tak Tunjukkan Gejala Efek Samping

Dalam masa uji coba, vaksin Covid-19 buatan Rusia yang dibuat khusus untuk hewan, tidak menunjukkan adanya efek samping ataupun gejala komplikasi

20 Oktober 2020 22:04 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Jurnal Dokter Hewan Federasi Rusia Rosselkhoznadzor, pada Selasa (20/10) melaporkan bahwa uji coba vaksin Covid-19 buatan Rusia untuk hewan tidak menunjukkan adanya efek samping.

"Selama periode observasi, yang dilakukan selama 70 hari, tidak ada satu pun efek samping atau gejala komplikasi yang telah terdeteksi, dimana hal itu mengindikasikan tidak adanya reaktogenecity dari sebuah vaksin," kata Ilya Chvala, salah satu direktur riset dan pemantauan di Pusat Kesehatan Hewan Federasi Rusia dalam jurnal tersebut, dikutip dari Sputnik News pada Selasa (20/10).

Menurut Chvala, pihak laboratorium hewan telah diberikan sebuah suntikan booster dalam waktu 21 hari setelah mendapatkan dosis pertama vaksin tersebut sehingga kekebalan telah sepenuhnya terbentuk.


Pandemi Covid-19, Daftar OKB di China Justru Semakin Panjang

Untuk diketahui, Rusia telah memulai pengembangan vaksin Covid-19 untuk hewan pada pertengahan tahun 2020 ini. Vaksin tersebut khusus dibuat untuk hewan yang rentan terinfeksi Covid-19, seperti kucing dan cerpelai.

Program vaksinasi hewan juga akan direkomendasikan untuk sektor peternakan, dimana hewan-hewan yang rentan dikembangbiakkan dalam skala industri.

Lockdown Lagi, PM Irlandia: Kita Butuh Sebuah Vaksin

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia