logo


Sanksi Embargo Dicabut, Iran Berencana Genjot Ekspor Senjata Mereka

Menteri Perhatanan Iran mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan sektor ekspor senjata seiring dengan dicabutnya sanksi embargo

19 Oktober 2020 16:00 WIB

Ilustrasi senjata
Ilustrasi senjata istimewa

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan Iran Mohammed Amir Khatami menyatakan bahwa dengan dicabutnya sanksi embargo senjata, Teheran berencana untuk meningkatkan ekspor senjata mereka. Ia mengatakan bahwa kuantitas ekspor tersebut nantinya akan lebih besar dibanding dengan impor senjata mereka.

"Sejak tahun lalu, banyak negara telah menghubungi kami, dan sebaliknya, kami juga telah melakukan serangkaian negosiasi dengan sejumlah negara. Tentunya, kami akan menjual lebih banyak daripada membeli," kata Menhan Iran dalam siaran televisi nasional dikutip dari Sputnik News pada Senin (19/10).

Dalam siaran televisi tersebut ia juga mengungkapkan sejumlah pencapaian yang telah berhasil ditorehkan oleh Iran dalam bidan militer, meskipun negara tersebut sebelumnya berada di bawah sanksi internasional.


Erdogan Tuding Rusia, Perancis dan AS Beri Dukungan Senjata kepada Armenia

Menurutnya, "para musuh mengakui" jika Iran adalah negara yang memiliki "kekuatan misil" dimana telah berhasil menarik perhatian mereka. Ia juga mengatakan bahwa Iran adalah salah "satu dari lima (negara) pemimpin" di seluruh dunia dalam hal pembuatan drone militer.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menyatakan bahwa Washington siap untuk menjatuhkan sanksi terhadap semua pihak yang melakukan perdagangan senjata dengan Iran meskipun sanksi embargo senjata telah dicabut dan tidak diperpanjang.

"Untuk sepuluh tahun terakhir, negara-negara telah menunda pejualan senjata mereka kepada Iran dibawah sejumlah aturan PBB. Semua negara yang saat ini menantang aturan larangan ini secara jelas akan memicu konflik dan ketegangan," kata Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo.

Mantan Tahanan Korea Utara: Disana, Anda Akan Diperlakukan seperti Seekor Binatang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia