logo


Fadli Zon Sebut Pemerintah Tak Bisa Jadikan Pandemi untuk Batalkan Hak Pelajar dan Mahasiswa Berdemo

Fadli mengecam surat edaran dari Dirjen Pendidikan Tinggi terkait imbauan kepada mahasiswa untuk tak ikut demo serta ancaman 'blacklist' SKCK.

18 Oktober 2020 17:45 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM -Politikus Partai Gerindra, Fadli Zon, mengatakan bahwa pelajar dan mahasiswa yang ikut demo menolak UU Cipta Kerja tidak seharusnya mendapatkan ancaman.

Fadli mengatakan bahwa polisi tidak bisa melarang pelajar ikut berdemo karena tidak ada undang-undang yang mengaturnya.

"Polisi tidak bisa dan tidak boleh melarang para pelajar ikut berdemonstrasi, karrna memang tidak ada satu undang-undang pun yang melarangnya. Sama seperti halnya warga negara lain yang telah dewasa, para pelajar juga memiliki hak konstitusional untuk menyampaikan pendapat di muka umum," kata Fadli melalui akun Twitternya, Minggu (18/10).


Sri Mulyani Menkeu Terbaik di Asia Pasifik, Fadli Zon: Realitasnya Kita Merasakan Ekonomi Makin Sulit

Fadli mengecam surat edaran dari Dirjen Pendidikan Tinggi terkait imbauan kepada mahasiswa untuk tak ikut demo serta ancaman 'blacklist' SKCK.

"Surat semacam itu harus dikecam, karena merupakan bentuk intervensi terhadap hak-hak politik dan kewargaan yang dimiliki para mahasiswa. Surat semacam itu adalah preseden buruk Kemendikbud menurut saya, telah melanggar batas kewenangannya," sebutnya.

Pelajar dan Mahasiwa Berdemo Akan Disanksi, Fadli Zon: Demonstrasi Bukanlah Perbuatan Kriminal

Halaman: 
Penulis : Admin