logo


Pelajar dan Mahasiwa Berdemo Akan Disanksi, Fadli Zon: Demonstrasi Bukanlah Perbuatan Kriminal

Menurutnya, tidak pantas jika aparat pemerintah membuat stigma negatif kepada para pendemo.

18 Oktober 2020 17:00 WIB

Fadli Zon.
Fadli Zon. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politikus Partai Gerindra, Fadli Zon, mengatakan bahwa pelajar dan mahasiswa yang ikut demo menolak UU Cipta Kerja tidak seharusnya mendapatkan ancaman. Fadli menyebut bahwa demonstrasi bukanlah perbuatan kriminal.

"Aksi demonstrasi di berbagai daerah yang dilakukan oleh para mahasiswa dan pelajar pasca-pengesahan RUU Cipta Kerja, telah diberi stigma buruk oleh pemerintah," kata Fadli melalui akun Twitternya, Minggu (18/10).

"Padahal, demonstrasi bukanlah perbuatan kriminal atau bentuk kejahatan, melainkan hak konstitusional warga negara yang dijamin hukum dan konstitusi," lanjutnya.


Kemenkumham Lepas 30.000 Napi, Tokoh dan Demonstran Malah Ditangkapi

Hal tersebut menanggapi adanya ancaman sanksi untuk pelajar dan mahasiswa yang melakukan unjuk rasa.

"Munculnya surat edaran Dirjen Pendidikan Tinggi bernomor 1035/E/KM/2020 yang meminta agar pimpinan perguruan tinggi mengimbau para mahasiswanya untuk tidak ikut serta dalam aksi demonstrasi menolak UU Cipta Kerja, serta ancaman ‘blacklist’ SKCK (Surat Keterangan Cukup Kelakuan). dari pihak kepolisian kepada para pelajar yang ikut demonstrasi, adalah bentuk intimidasi yang menyalahi ketentuan dan melanggar prinsip-prinsip demokrasi bahkan hak azasi manusia (HAM)," jelasnya.

Menurutnya, tidak pantas jika aparat pemerintah membuat stigma negatif kepada para pendemo.

"Berdemonstrasi, atau aksi mengeluarkan pendapat lainnya yang dilakukan secara damai bukanlah tindak pidana dan bukan pula suatu kejahatan," katanya.

"Tak pantas kalau aparat pemerintah membuat stigmatisasi negatif kepada para pelaku aksi tadi, atau menakut-nakuti mereka dengan sejumlah ancaman hukum," imbuhnya.

 

Sri Mulyani Menkeu Terbaik di Asia Pasifik, Fadli Zon: Realitasnya Kita Merasakan Ekonomi Makin Sulit

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata