logo


Perancis dan Belanda Minta Uni Eropa Keluarkan Regulasi untuk Awasi Google dan Facebook

Kedua negara meminta Uni Eropa untuk membentuk badan pengawas digital untuk mencegah adanya praktek monopoli yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan teknologi besar

17 Oktober 2020 12:51 WIB

okezone.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perancis dan Belanda dikabarkan meminta Uni Eropa agar membentuk sebuah lembaga baru untuk mengawasi sejumlah perusahaan teknologi besar seperti Google dan Facebook. Pengawasan tersebut diperlukan untuk mencegah sejumlah perusahaan tersebut memonopoli pasar dan membuat kompetisi tidak sehat.

Para analis mengatakan bahwa langkah tersebut tentunya akan meningkatkan tekanan atas rencana Margrethe Vestager, salah satu komisi anti-trust Uni Eropa. Belakangan ini, Margrethe Vestager telah menyusun sebuah RUU Layanan Digital yang nantinya akan digunakan sebagai dasar hukum untuk data sharing dan operasi digital marketplace.

Menteri Kominfo Perancis Cedric O dan Menteri Kominfo Belanda Mona Keijzer mengatakan bahwa dibentuknya lembaga baru tersebut untuk menampung sejumlah peruahaan teknologi besar dunia. Mereka tidak bisa begitu saja mencegah kompetitor baru untuk memasuki pasar kecuali dengan alasan yang objektif.


Tsikhanousvakaia Jadi Buronan Belarus, Kanada: Kami Akan Selalu Berada di Sisimu

"Platform teknologi besar ini bisa mencegah perusahaan baru untuk masuk. Mereka juga dapat membatasi kebebasan pilihan bagi konsumer dan perusahaan," kata Keijzer dikutip dari Gizchina pada Sabtu (17/10).

"Tujuan utama kami adalah untuk mendesain sebuah lembaga yang dapat menangani dampak dari para aktor pada ekonomi Eropa dan menghancurkan monopoli mereka," kata Cedric.

Trump Sebut AS Punya Rudal Hypersonic yang 20 Kali Lebih Cepat dari Kecepatan Suara

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia