logo


Tsikhanousvakaia Jadi Buronan Belarus, Kanada: Kami Akan Selalu Berada di Sisimu

Menteri Luar Negeri Kanada menyatakan dukungannya kepada tokoh oposisi Belarus Sviatlana Tsikhanousvkaia

17 Oktober 2020 11:42 WIB

Sviatlana Tsikhanousvkaia
Sviatlana Tsikhanousvkaia The Moscow Times

VILNIUS, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Kanada pada Jumat (16/10) mengadakan pertemuan dengan tokoh oposisi Belarus Sviatlana Tsikhanousvkaia, yang kini tengah melarikan diri di Lithuania.

"Kami akan selalu berada disisimu," kata Menlu Kanada Francois-Philippe Champagne kepada Tsikhanousvkaia dikutip dari Global News pada Sabtu (17/10).

"Saya yakin anda dapat berharap bahwa seluruh komunitas internasional akan bersama dengan anda dan rakyat Belarus untuk masa depan demokratis di negeri anda," tambahnya.


Jelang Pergantian Musim, Bill Gates Ramal Wabah Covid-19 AS Bakal Memburuk

Dalam kunjungannya ke sejumlah negara Balkan, Francois-Philippe Champagne juga bertemu dengan sejumlah pemimpin politik Eropa lainnya, seperti Presiden Perancis Emmanuel Macron dan kanselir Jerman Angela Merkel, sebelum akhirnya bertemu dengan Tsikhanousvkaia.

Sebelumnya, Tsikhanousvkaia mendesak Alexander Lukashenko untuk menyerahkan kekuasaannya dan mundur dari kursi kepresidenan Belarus. Ia mengancam akan menggerakkan massa yang lebih banyak untuk meningkatkan aksi protes di Belarus jika pada 25 Oktober mendatang permintaannya tidak dipenuhi.

Pada Jumat (16/10), Otoritas Belarus memasukkan nama Tsikhanousvkaia dalam daftar orang yang paling dicari atau buronan karena telah mengancam keamanan nasional.

Turki Uji Coba Sistem Rudal buatan Rusia, AS Kebakaran Jenggot

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia