logo


Jelang Pergantian Musim, Bill Gates Ramal Wabah Covid-19 AS Bakal Memburuk

Bill Gates memperkirakan bahwa kondisi Covid-19, khususnya di AS, akan menjadi lebih buruk seiring dengan pergantian musim

17 Oktober 2020 10:57 WIB

Bill Gates
Bill Gates NBC

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Pendiri Microsoft, Bill Gates, telah memprediksi bahwa situasi wabah Covid-19 di Amerika Serikat pada musim gugur nantinya akan lebih buruk daripada musim panas.

Dalam sebuah wawancara dengan Politico pada awal pekan ini, salah satu manusia terkaya di planet Bumi tersebut mengatakan bahwa "angka (kasus) terus meningkat...dan dengan cuaca yang menjadi lebih dingin, maka kita akan melihat banyak penularan (Covid-19)."

Ia terus mengingatkan bahwa hingga Amerika Serikat mulai efektif dalam pendistribusian vaksin dan antibodi virus Covid-19, masyarakat harus terus menjaga sikap dan perilakunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, baik penggunaan masker maupun menjaga jarak fisik dengan orang lain.


Singgung Demo Tolak UU Cipta Kerja, dr Tirta: Kita Pion-pion Catur yang Digerakkan Covax

"Sayangnya, kita terlalu lelah dan terlalu banyak informasi buruk mengenai hal ini (Covid-19). Penggunaan masker di AS sebenarnya masih sangat kurang," ujar Bill Gates dikutip dari Sputnik News pada Sabtu (17/10).

Pada awal bulan April lalu, Gates sebenarnya telah memberi peringatan kepada pemerintah AS bahwa mereka akan menghadapi "skenario mimpi buruk" dalam situasi pandemi, jika pemerintah dan masyarakat tidak mengikuti protokol social distancing dan isolasi mandiri.

Pada saat itu, jumlah kasus Covid-19 di AS masih dibawah 350 ribu dengan kematian hanya sekitar 9,600, sangat rendah jika dibandingkan perkembangan situasi Covid-19 saat ini.

Kasus Covid-19 AS Tembus 8 Juta, 90 Persen Ruang ICU Telah Penuh

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia