logo


Kasus Covid-19 AS Tembus 8 Juta, 90 Persen Ruang ICU Telah Penuh

Jumlah kasus Covid-19 di AS meningkat hingga menembus 8 juta kasus

17 Oktober 2020 10:37 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Dua pekan menjelang pemilihan Presiden AS 3 November mendatang, jumlah kasus infeksi Covid-19 di AS terus mengalami peningkatan. Johns Hopkins University melaporkan bahwa AS sejauh ini telah melaporkan lebih dari 8 juta kasus Covid-19.

Per tanggal 16 Oktober 2020, jumlah kasus Covid-19 yang ada di Amerika Serikat mencapai 8,008,402, yang merupakan jumlah kasus tertinggi di dunia yang tercatat di sebuah negara, diikuti oleh India dan Brazil.

Johns Hopkins University juga melaporkan bahwa angka kematian terkait infeksi tersebut di AS mencapai lebih dari 218 ribu.


Tunjukkan Kartun Nabi Muhammad kepada Muridnya, Guru di Perancis Ini Tewas Digorok

Meningkatnya kasus Covid-19 membuat banyak pihak menyalahkan cara Presiden Donald Trump dalam menangani situasi wabah yang terjadi. Trump juga dinilai telah meremehkan ancaman yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut meskipun ia mengetahui resikonya, serta mengabaikan sejumlah aturan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, yang diperlukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Banyak pakar kesehatan AS yang selama ini telah mendesak warga masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan dan terus waspada seiring dengan pergantian musim dari musim panas ke musim dingin yang berpotensi membuat transmisi virus menjadi lebih mudah.

Kantor berita Reuters mencatat sejumlah negara bagian AS juga menghadapi peningkatan kasus Covid-19 pada bulan ini.

"Jumlah kasus kita sangat tinggi dan meningkat tajam," kata Andrea Palm, Sekretaris Kesehatan AS dalam sebuah konferensi pers dikutip dari Al Jazeera pada Sabtu (17/10).

"90 persen ruang ICU kita telah penuh...dalam enam pekan terakhir, tingkat kematian harian kita juga meningkat lebih dari 3 kali lipat," tandasnya.

Singgung Demo Tolak UU Cipta Kerja, dr Tirta: Kita Pion-pion Catur yang Digerakkan Covax

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia