logo


Minta Pemerintah Sosialisasikan Vaksin Corona, IDI: Harus Merangkul ke Grass Root

IDI sebut edukasi vaksin corona perlu sampai ke kalangan bawah agar tidak sia-sia

17 Oktober 2020 07:45 WIB

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Daeng Mohammad Faqih
Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Daeng Mohammad Faqih okezone

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng Mohammad Faqih meminta pemerintah mensosialisasikan vaksin corona sampai ke masyarakat di tingkat bawah. Menurutnya, edukasi yang hanya sampai di tingkat pejabat akan sia-sia.

"Itu ya perlu mungkin kita evaluasi bersama. Jadi barangkali kita sudah harus mulai merangkul yang memiliki grass root ke bawah," kata Daeng dalam diskusi virtual, Jumat (16/10/2020).

Daeng menilai bahwa masyarakat di tingkat bawah tak serta merta percaya dengan dokter maupun pejabat sekalipun. Menurunya, masyarakat di tingkat bawah lebih mudah percaya dengan pimpinan mereka di daerahnya seperti kepala kampung dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ia mendorong agar pemerintah bisa merangkul pimpinan mereka sebagai penyambung lidah.


Minta Masyarakat Tak Demo, Luhut: Tunggu Sampai Nanti Kita Aman

Ia juga minyinggung soal kabar tidak benar atau hoaks terkait vaksin corona yang cepat berkembang di media sosial. Ia minta pemerintah memberikan persepsi yang sama terkait vaksinasi sehingga masyarakat tidak termakan hoaks.

"Ini harus kita lawan dengan informasi yang sampai ke akar rumput dan pakai bahasa mereka dan dipercaya," lanjutnya.

Pamerkan Vaksin Merah Putih ke WHO, Menlu: Selalu Ada Risiko dan Ketidakpastian

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati