logo


Pamerkan Vaksin Merah Putih ke WHO, Menlu: Selalu Ada Risiko dan Ketidakpastian

Menlu sebut mengembangkan vaksin corona bukanlah hal yang mudah

17 Oktober 2020 06:15 WIB

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kemlu.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan bahwa ia baru saja bertemu dengan Dirjen WHO Tedros Ghebreyesus. Pada pertemuan tersebut, Retno memperkenalkan Vaksin Merah Putih yang tengah dikembangkan oleh Indonesia.

"Kami juga memberikan update mengenai upaya para ahli Indonesia mengembangkan vaksin nasiona kita, Vaksin Merah Putih," kata Retno dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara daring, Jumat (16/10/2020).

Pada pertemuan tersebut, Retno juga menyampaikan bahwa pengembangkan vaksin adalah hal yang rumit. Ia mengatakan akan selalu ada risiko dan ketidakpastian dalam pengembangan vaksin corona.


Minta Masyarakat Tak Demo, Luhut: Tunggu Sampai Nanti Kita Aman

"Semua orang paham mengenai hal ini, bahwa selalu ada risiko dan keidakpastian dalam proses pengembangannya. Para ahli dunia akan terus berupaya untuk mendapatkan vaksin secara tepat waktu, aman, dan efektif, serta adaptasi dan adjustment perlu terus dilakukan di situasi yang sulit ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Retno mengatakan bahwa Indonesia berkomitmen dalam upaya mewujudkan vaksin corona. Ia menyampaikan bahwa Indonesia tengah berupaya menyediakan vaksin corona yang aman dan efektif.

WHO Sebut Obat Remdesivir Buatan AS Tak Efektif Pulihkan Pasien Covid-19

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati