logo


Dari Atheis, Dokter Tirta Ungkap Kisah Ganjil Sebelum Jadi Mualaf

Tirta pernah bermimpi terbang dan dijaga dua orang berbaju putih nan bercahaya.

16 Oktober 2020 17:15 WIB

Dokter Tirta
Dokter Tirta Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dokter Tirta mengungkapkan perjalanan hidupnya hingga memutuskan memeluk agama Islam. Sebelum memegang teguh ajaran Islam, ia mengaku seorang atheis.

Sang influecer menceritakan dirinya lahir dari orang tua yang berbeda agama. Ayahnya merupakan keturunan Jawa dan beragama Islam, sementara ibunya keturunan Tionghoa non-muslim. Tirta mengaku kurang nyaman berada dalam kondisi seperti itu.

“Aku lahir dalam kondisi yang jujur gak enak ya. Bapakku adalah seorang petani, dia Jawa dan Muslim. Ibuku keturunan Chinese, dia lulusan pertanian, tapi karena gak ada duit dia jadi karyawan dan non-muslim. Mereka nikah, melahirkan aku anak tunggal. Yang gak ada duit juga, jadi anaknya cuma satu doang,” ucap Dokter Tirta di YouTube Talk Show tvOne.


Bongkar Urusan Rumah Tangga, Nita Thalia Merasa Hidup Seperti Tahanan

Dia juga mengungkit tragedi tahun 1998. Saat itu, sang ibu terpaksa loncat dari lantai 2 kantornya agar terhindar dari kebakaran.

“Dari situ aku tau tentang rasialisme, SARA, dan agama. Dan aku memutuskan untuk atheis dulu. Dari dulu SD, SMP, SMA,” lanjutnya.

Setelah menimba ilmu di Universitas Gadjah Mada (UGM), Tirta mendapat pengalaman berharga. Dia dipertemukan mahasiswa dari berbagai daerah, suku, hingga agama. Dari situ, hatinya tergerak memeluk agama Islam.

“Cuman ketika aku masuk UGM. Aku bertemu orang berbagai karakter. Dari suku mana, ras mana. Dari situ aku memutuskan untuk mualaf di usia 23 tahun,” paparnya.

Pada kesempatan lain, Tirta yang belum mualaf bermimpi aneh. Ia merasa terbang dan dijaga dua orang berbaju putih nan bercahaya. Selain itu, ia sempat bertemu imam besar di Mekah dan pemimpin pondok pesantren yang dikenalnya.

Lebih lanjut, dia mengaku mendengar azan selama tujuh hari pada pukul 9 pagi dan 12 siang. Ternyata keputusan sang dokter tak lepas dari doa ayahnya saat melaksanakan Umroh. Akhirnya, Tirta masuk agama Islam pada tahun 2011.

"Bapak cerita saat Umroh berdoa untuk mengarahkan aku untuk mendapatkan yang terbaik. Dan sejak saat itu, saya memutuskan masuk Islam," tutup dokter Tirta di akun YouTube Masjid Agung Al Azhar.

Duh! Kiki Amalia Bakal Tersakiti Lagi Soal Asmara

Halaman: 
Penulis : Iskandar