logo


Habib Rizieq Disebut Pimpin Revolusi, KSP: Makna Revolusi Itu Apa?

Slamet Maarif kemudian menyinggung Presiden Joko Widodo yang kerap berbicara soal revolusi mental dan tidak dianggap makar.

15 Oktober 2020 09:28 WIB

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq.
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq. Fpi.or.id

Irfan meminta FPI menjelaskan makna revolusi yang dimaksud oleh HRS. Ia tidak ingin ada perdebatan terkait revolusi yang disampaikan FPI.

"Kalau maknanya revolusi itu sebagai positif, tentu tidak ada persoalan. Tapi kalau misalnya negatif, yang jelas akan menghadapi persoalan hukum. Jadi harus diperjelas maknanya itu apa. Kan memimpin revolusi, dia harus mempertanggungjawabkan tentang itu," ujar Irfan.

"Kalau kita lihat dalam KBBI, arti dari revolusi itu kan perubahan ketatanegaraan pemerintahan atau keadaan sosial yang dilakukan dengan kekerasan, seperti perlawanan bersenjata. Artinya ada keinginan untuk perongrongan terhadap pemerintahan yang sah. Itu yang makanya harus dijelaskan oleh Ustaz Shabri (Ketum FPI Shabri Lubis), supaya tidak menimbulkan perdebatan dan fitnah terhadap kalimat yang disampaikan," imbuh Irfan.


Sindir Rizieq Shihab, Teddy: Selamatkan Dirinya Saja Tak Mampu, Apalagi Selamatkan Indonesia

Sebelumnya, FPI menyatakan bahwa HRS akan pulang ke Tanah Air dan memimpin revolusi. Ada anggapan bahwa revolusi yang dimpimpin HRS adalah tindakan makar. Kemudian, Slamet menyinggung revolusi yang kerap diucapkan Jokowi.

"Jokowi ngomong revolusi (revolusi mental) sah saja, nggak dianggap makar? Kan bisa saja HRS pimpin revolusi akhlak atau revolusi sistem," ujar Slamet Maarif kepada wartawan, Rabu (14/10).

Habib Rizieq Diklaim Akan Selamatkan NKRI, Istana: Sesat dan Tak Masuk Akal!

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata