logo


Selesaikan Konflik Armenia-Azerbaijan, Rusia Siap Terjunkan Pasukan Militernya

Menteri Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa pihaknya siap mengirim pasukan untuk memastikan gencatan senjata di Nagorno-Karabakh benar-benar dilakukan

14 Oktober 2020 21:00 WIB

Ilustrasi Tentara Rusia
Ilustrasi Tentara Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Rabu (14/10) mengumumkan bahwa pihaknya akan mengirimkan pasukan militer Rusia ke wilayah Nagorno-Karabakh untuk melakukan pengawasan guna memastikan adanya gencatan senjata.

Meski demikian, ia mengatakan bahwa keputusan tersebut nantinya akan diambil jika Armenia dan Azerbaijan gagal melakukan diplomasi mengenai penyelesaian konflik.

"Saat ini, tidak hanya pasukan penjaga perdamaian (yang harus berpartisipasi), namun juga para pengawas militer. Kami meyakini bahwa itu akan sangat benar jika pengawas militer tersebut berasal dari militer kita (Rusia), namun keputusan final tergantung dari kedua belah pihak (yang berkonflik)," kata Lavrov dikutip dari Sputnik News pada Rabu (14/10).


Tak Ingin Trump Kembali Terpilih Jadi Presiden AS, PM Palestina: Tuhan, Tolong Kami

Sementara itu, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev telah mencatat bahwa pasukan penjaga perdamaian kemungkinan akan dikirim ke area jika pihaknya dan Armenia mengijinkan. Ia juga mengklaim bahwa Turki juga harus ikut serta dalam proses negosiasi.

Sebelumnya, Armenia menyatakan bahwa militer Azerbaijan telah menyerang militer Armenia di wilayah teritorial Armenia, sehingga militer Armenia berhak untuk menyerang balik semua objek militer yang ada di dalam teritorial Azerbaijan. Sementara pihak Azerbaijan menuding bahwa mereka hanya menghancurkan objek militer yang mengincar pasukan militernya saja, dan semua serangan yang menyasar masyarakat sipil hanya akan menimbulkan aksi pembalasan.

Israel Perpanjang Lockdown Meski Menteri Keuangan Ingatkan Perekonomian Kolaps

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia