logo


WHO: Herd Immunity Bisa Tercapai dengan Melindungi Masyarakat dari Virus

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa membiarkan masyarakat terekspos virus Covid-19 untuk mencapai herd immunity adalah tindakan yang tidak etis

13 Oktober 2020 19:45 WIB

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus national geographic Indonesia

JENEWA, JITUNEWS.COM - Pemimpin Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa tindakan untuk membiarkan atau dengan sengaja menyebarkan virus Covid-19 dengan harapan untuk mempercepat keadaan herd immunity adalah tindakan yang sangat tidak etis. Herd Immunity sendiri adalah sebuah keadaan dimana sebagian besar masyarakat telah kebal terhadap infeksi virus.

"Herd immunuty merupakan konsep yang digunakan untuk vaksinasi, dimana sebuah populasi dapat dilindungi dari (infeksi) virus tertentu jika program vaksinasi telah tercapai," kata Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Senin (12/10) dalam sebuah pertemuan yang digelar secara virtual dikutip dari Al Jazeera pada Selasa (13/10).

Ia memberikan contoh jika 95 persen dari populasi manusia telah mendapat vaksin Covid-19, lima persen sisanya juga akan secara langsung terlindungi dari infeksi virus.


Iran Berhasil Cairkan Aset Mereka di Irak yang Dibekukan oleh AS

"Herd immunity bisa tercapai dengan melindungi masyarakat dari virus, bukan dengan mengekspos mereka dengan virus," kata Tedros.

"Membiarkan sebuah virus berbahaya yang belum kita pahami sepenuhnya adalah tindakan yang tidak etis. Ini bukan sebuah pilihan," tambahnya.

Tedros juga mengatakan bahwa negara-negara juga belum melaporkan kasus harian kepada mereka untuk empat hari terakhir, terlebih dengan adanya peningkatan kasus di wilayah Eropa dan Amerika Selatan.

"Tidak ada jalan pintas dan tidak ada senjata yang ampuh. Jawabannya adalah dengan melakukan pendekatan yang komprehensif, dengan menggunakan semua peralatan yang ada," tukasnya.

Rencana Arab Saudi, China dan Rusia untuk Masuk ke Dewan HAM PBB Tuai Kecaman

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×