logo


Mau Jago Jualan Online? Ikut Program Kominfo Ini. Gratis!

Sasaran program ini adalah mencetak talenta digital di bidang UMKM

13 Oktober 2020 12:39 WIB

Ilustrasi Digital Marketing
Ilustrasi Digital Marketing ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah terus mendorong peningkatan literasi digital kepada masyarakat khususnya untuk sektor industri kecil. Melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pemerintah menggelar pelatihan digital untuk warga negara Indonesia dan perempuan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Yusuf Iskandar mengatakan, pelatihan digital yang dikemas dalam program Digital Talent Scholarship 2020 ini bertujuan untuk memberikan keterampilan digital kepada pelaku UMKM atau yang akan memulai usaha, agar bisa memanfaatkan TIK untuk keberlangsungan dan pengembangan usaha.

Pelatihan ini juga merupakan salah satu dukungan kepada Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) serta dalam rangka menyiapkan talenta digital di bidang pemasaran agar kapasitas pelaku UMKM meningkat.


Perangi Perangkat Telekomunikasi Ilegal, Pemerintah Akan Terapkan Regulasi IMEI

“Sasaran program ini adalah mencetak talenta digital di bidang UMKM dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul untuk menghadapi era revolusi industri 4.0,” ujar Basuki Yusuf Iskandar di Jakarta, Senin (12/10).

Dari target 22 ribu pelaku UMKM, hingga saat ini setidaknya sebanyak 18 ribu orang telah ikut dalam program yang bekerjasama dengan Gojek Indonesia, Tokopedia, dan Google itu.

Basuki Yusuf Iskandar mengungkapan, dalam pelatihan Digital Entrepreneurship Gojek, peserta diberikan pengetahuan bisnis digital dan keterampilan untuk mengadopsi dan mengoptimalisasi teknologi ke dalam pengembangan usaha di dunia digital.

“Pelatihan ini terdiri dari dua kelas, yang terbuka untuk umum atau Kelas Umum; dan kelas yang dikhususkan untuk pelaku/calon pelaku/peminat Bidang UMKM Kuliner atau Kelas Kuliner,” imbuhnya.

Adapun bersama Tokopedia, Kementerian Kominfo menyasar pelaku UMKM saja. “Kelas Pelatihan Digital Entrepreneurship Tokopedia dikhususkan untuk pelaku UMKM yang sudah berjualan offline atau online,” tutur Kepala Badan Litbang SDM.

Sementara Pelatihan Digital Google Indonesia dibuka dua kelas untuk umum dan ibu rumah tangga. “Pelatihan Digital Entrepreneurship Google dua jenis kelas pelatihan yaitu kelas yang terbuka untuk umum (Kelas Umum) dan kelas yang dikhususkan untuk wanita yang sudah/pernah menikah (Kelas Ibu Rumah Tangga/IRT),” pungkas Basuki Yusuf Iskandar.

IndoXXI Hentikan Layanan Streaming Film Per 1 Januari 2020

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan