logo


Joe Biden Siapkan Agenda Pertemuan dengan Kim Jong-un Jika Terpilih jadi Presiden AS

Joe Biden dikabarkan akan memulai langkah pendekatan dengan Korea Utara untuk membahas mengenai isu nuklir setelah dirinya berhasil memenangkan Pilpres AS

12 Oktober 2020 18:30 WIB

Kim Jong-un
Kim Jong-un nikkei

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan bahwa Calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, akan mengadakan pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un jika dirinya terpilih menjadi presiden AS.

Menurut salah satu penasihat pemerintahan AS, Brian McKeon, meskipun pertemuan yang akan membahas mengenai isu nuklir tersebut bisa saja terlaksana, namun diperlukan sejumlah persiapan dan pertemuan di tingkat perwakilan diplomat terlebih dahulu.

"Semua pertemuan akan didahului dengan sejumlah pembahasan serius antara diplomat kedua negara di tingkat yang lebih rendah, daripada hanya menggelar pertemuan antara kedua pemimpin begitu saja, karena seperti yang anda tahu, semua negosiasi rumit terhadap isu nuklir Korea Utara, anda tidak dapat memperkirakan kedua pemimpin tersebut melakukannya dalam satu atau dua jam pertemuan," kata Brian kepada Yonhap dikutip dari Sputnik News pada Senin (12/10).


AS Curi dan Selundupkan Minyak Suriah ke Luar Negeri

McKeon, yang telah bekerja dengan Joe Biden sejak 1985, menggarisbawahi jika langkah pendekatan yang dilakukan oleh Joe Biden nantinya tidak akan sama dengan apa yang dilakukan oleh Donald Trump.

"Joe Biden memahami bahwa isu Korea Utara sangatlah rumit, dan anda tidak bisa memecahkannya dengan satu atau dua pertemuan antara pemimpin dengan pemimpin saja," tambahnya.

"Joe Biden bukanlah Presiden Barrack Obama, dan situasi dunia saat ini dan empat tahun lalu akan berubah karena program nuklir Korea Utara telah dilanjutkan," tukasnya.

Rencana AS Jual Senjata dan Pesawat Tempur ke Timur Tengah Ditentang oleh Israel

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia