logo


Teror 2020 Masih Belum Berakhir, Ilmuwan Sebut Gunung Api Paling Aktif di Islandia Siap Meletus

Para pakar telah meningkatkan status Gunung Api Grimsvotn menjadi siaga dan memperkirakan jika gunung tersebut segera meletus dalam waktu dekat

10 Oktober 2020 11:51 WIB

Gunung Api Grimsvotn di Islandia
Gunung Api Grimsvotn di Islandia istimewa

REYKJAVIK, JITUNEWS.COM - Sejumlah pakar di Islandia telah meningkatkan status Gunung Api Grimsvotn menjadi siaga dan memperingatkan jika letusan bisa saja terjadi dalam waktu dekat.

Letusan terakhir dari gunung api tersebut terjadi pada tahun 2011 lalu, dimana letusan besarnya membentuk kolom abu vulkanik setinggi 20 kilometer di udara. Meski demikian, letusan Grimsvotn waktu itu masih kalah dahsyat jika dibanding dengan erupsi gunung Eyjafjallajokull di tahun 2010, dimana lebih dari 100 ribu penerbangan di Eropa terpaksa dihentikan.

Dilansir dari Russia Today pada Sabtu (10/10), aktifitas Gunung api Grimsvotn belakangan ini terpantau mengalami peningkatan usai terbentuknya cairan magma baru di dasar kawah yang mengakibatkan lebih banyak lapisan es di atasnya mencair. Selain itu, intensitas gempa vulkanik juga mengalami peningkatan.


Cuma Bikin Masalah, Warga Nagorno-Karabakh Minta Perancis Didepak dari OSCE Minsk Group

Para pakar seismologi saat ini tengah mengamati situasi dan menunggu terjadinya gempa dengan intensitas tinggi yang dapat berlangsung selama 10 jam, dimana hal itu menandakan adanya aktifitas magma yang mulai meningkat dan akan menyembur keluar dari perut bumi.

Namun, para pakar memperkirakan jika letusan gunung api tersebut tidak akan sedahsyat letusan sebelumnya sehingga dapat lebih memperparah situasi industri penerbangan yang saat ini tengah terpukul oleh pandemi Covid-19.

Meski demikian, mereka memperingatkan jika aktifitas vulkanis sangat sulit untuk diperkirakan, terbukti dengan meletusnya Gunung Eyjafjallajokull pada 2010 yang mengejutkan dunia.

Delegasi Hamas Kunjungi Moskow untuk Bahas soal Persatuan Palestina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia