logo


Dinilai Banyak Mengandung Konten Tak Senonoh, Pakistan Blokir Layanan Aplikasi TikTok

Mereka menilai aplikasi berbagi video tersebut mengandung konten-konten yang tidak senonoh

10 Oktober 2020 11:17 WIB

TikTok
TikTok istimewa

ISLAMABAD, JITUNEWS.COM - Pemerintah Pakistan pada Jumat (9/10) mengumumkan bahwa mereka secara resmi memblokir aplikasi berbagi video TikTok. Pemblokiran terpaksa dilakukan usai merebaknya konten-konten yang tidak bermoral dan tidak senonoh yang beredar di aplikasi tersebut.

Dilansir dari Russia Today pada Sabtu (10/10), Otoritas Telekomunikasi Pakistas (PTA) sebelumnya telah berulang kali mendesak pihak penyedia layanan untuk menghapus dan memblokir konten-konten yang dianggap tidak sesuai dengan kultur mereka, namun TikTok berulang kali melaporkan bahwa pihaknya sangat kesulitan dalam memenuhi permintaan itu mengingat hal tersebut sangat subjektif.

Meski melakukan pemblokiran, namun PTA menyatakan bahwa mereka masih membuka pintu kepada TikTok untuk melakukan negosiasi, dimana pembatasan tersebut bisa saja dicabut jika pihak aplikasi telah berhasil memenuhi permintaan otoritas Pakistan.


Viral Video TikTok Diduga Hina Islam, MUI: Kalau Ketemu, Saya Akan Menegurnya

Tak lama setelah diumumkannya pemblokiran tersebut, para pengguna TikTok di Pakistan melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses aplikasi tersebut, dimana tampilan aplikasi menjadi blank dan tidak dapat memuat gambar maupun teks.

Aplikasi Tiktok sendiri belakangan ini menjadi sangat populer di Pakistan dan sejumlah negara lainnya. Pada tahun lalu, Pakistan merupakan negara yang menduduki peringkat ke-5 dalam hal jumlah pengguna, di luar pasar China, dengan aplikasi tersebut telah diunduh sedikitnya 19,5 juta kali oleh masyarakat Pakistan.

 

Remaja Pembuat Video TikTok Singgung Umat Islam Minta Maaf

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia