logo


Delegasi Hamas Kunjungi Moskow untuk Bahas soal Persatuan Palestina

Perwakilan Hamas berangkat ke Moskow untuk bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintahan Rusia guna membahas isu penyatuan kekuatan kelompok-kelompok yang ada di Palestina

10 Oktober 2020 10:53 WIB

Kelompok perjuangan rakyat Palestina, Hamas
Kelompok perjuangan rakyat Palestina, Hamas nonalignedmedia.com

GAZA, JITUNEWS.COM - Kelompok militan Hamas dikabarkan telah mengirim salah satu delegasinya untuk datang ke Moskow pada Jumat (9/10) guna melakukan dialog dengan sejumlah pejabat pemerintahan Rusia. Dialog tersebut bertujuan untuk menyatukan kelompok-kelompok yang ada di Palestina.

"Delegasi kami, yang dipimpin oleh anggota kelompok politik (Hamas) Mousa Abu Marzook, akan bertemu dengan sejumlah pejabat di Kementerian Luar Negeri Rusia guna membahas mengenai isu Palestina," kata juru bicara Hamas Abdel Latif al-Qanoa, dikutip dari kantor berita Anadolu Agency, Sabtu (10/10).

Ia menambahkan bahwa kunjungan tersebut akan membahas mengenai negosiasi intra-Palestina yang bertujuan untuk menggalang dukungan dunia internasional guna memastikan proses rekonsiliasi tersebut berhasil.


Armenia dan Azerbaijan Sepakat Hentikan Kontak Senjata di Nagorno-Karabakh

Sementara itu, Ahmed Majdalani, anggota Komisi Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina, juga menyambut baik undangan dari pihak Rusia untuk mengadakan upaya rekonsiliasi. Namun, ia menegaskan bahwa kelompok-kelompok Palestina tersebut harus sudah sepakat untuk bersatu terlebih dahulu sebelum mereka berangkat menuju Moskow.

Pada bulan Agustus lalu, Pemerintah Rusia mengumumkan bahwa mereka akan mengundang sejumlah kelompok politik dan militan yang ada di Palestina untuk mendamaikan kelompok Hamas dan Fatah.

Sebelumnya, pada tahun 2019 lalu Rusia sejatinya telah mendukung adanya pembicaraan intra-Palestina yang terdiri dari 12 kelompok yang setuju untuk menentang rencana AS di kawasan Timur Tengah.

Cuma Bikin Masalah, Warga Nagorno-Karabakh Minta Perancis Didepak dari OSCE Minsk Group

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia