logo


Tak Ingin Ada Insiden Mikropon Mati, Trump Tolak Debat Capres AS Digelar secara Virtual

Presiden AS Donald Trump menolak debat Capres AS digelar secara online karena khawatir jika mikroponnya akan dimatikan

9 Oktober 2020 10:34 WIB

Donald Trump dan Joe Biden
Donald Trump dan Joe Biden sky news

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden AS Donald Trump tak setuju dengan perubahan format debat capres yang nantinya akan digelar secara virtual guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Trump diketahui telah menjalani perawatan di rumah sakit selama tiga hari usai dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis akhir pekan lalu dan kembali ke Gedung Putih pada Senin (5/10).

Trump menolak perubahan format debat tersebut karena khawatir jika mikroponnya bisa saja dimatikan saat ia berbicara.


Minta Konflik Nagorno-Karabakh Diakhiri, Putin Undang Menlu Azerbaijan dan Armenia Datang ke Moskow

"Saya tidak akan menghabiskan waktu saya dalam acara debat virtual," kata Trump saat wawancara dengan Fox News via telepon, dikutip dari CNA pada Jumat (9/10).

"Anda duduk dibelakang komputer dan melakukan debat, itu sangat konyol, dan mereka bisa mematikan (mikropon) kapanpun yang mereka mau," tambahnya.

Tak setuju dengan perubahan format tersebut, Trump mengatakan bahwa tim kampanye-nya telah mengajukan usulan agar debat bisa digelar secara tatap muka pada 29 Oktober mendatang, namun usulan tersebut ditolak oleh pihak Joe Biden.

"Kita telah menetapkan tanggal. Saya tetap mengikuti tanggalnya," kata Biden.

"Saya akan tampil. Saya akan ada di sana. Dan, jika ia (Trump) tampil, baiklah, (namun) jika ia tidak mau tampil, tidak apa-apa," tambahnya.

Menurut survey yang dilakukan oleh Reuters, tingkat elektabilitas Joe Biden sementara ini unggul jauh dari Donald Trump. Ia mendapat 52 persen sedangkan Trump hanya 40 persen.

FBI Berhasil Tangkap 13 Orang yang Berencana Menculik Seorang Gubernur di AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia