logo


Penemu Gaya Tendangan Panenka Dilarikan ke Rumah Sakit

Antonin Panenka dirawat di ICU usai dinyatakan positif Covid-19

8 Oktober 2020 17:00 WIB

Andrea Pirlo mengeksekusi tendangan penalti dengan menggunakan teknik Panenka saat Italia bertanding melawan Inggris dalam laga Euro 2012
Andrea Pirlo mengeksekusi tendangan penalti dengan menggunakan teknik Panenka saat Italia bertanding melawan Inggris dalam laga Euro 2012 daily mirror

PRAHA, JITUNEWS.COM - Legenda sepakbola Ceko, Antonin Panenka, dikabarkan tengah menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit pada Rabu (7/10). Kabar tersebut pertama kali disampaikan oleh mantan klub yang pernah dibelanya, Bohemians 1905.

Pria 71 tahun tersebut dikenang berkat aksinya saat tampil membela Cekoslovakia yang berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor 5-3 melalui adu penalti pada laga final Euro 1976. Panenka, yang ditunjuk menjadi salah satu algojo, berhasil mengecoh kiper Jerman Barat dengan teknik yang kini dinamai sesuai dengan namanya, yakni tendangan Panenka.

Setelah itu, banyak pemain top dunia yang mencoba memperagakan tendangan tersebut dalam pertandingan-pertandingan besar. Dengan teknik tersebut, Zinedine Zidane berhasil membawa Perancis unggul 1-0 atas Italia pada Final Piala Dunia tahun 2006. Gaya tendangan tersebut juga sering dipraktekkan oleh Andrea Pirlo saat mengeksekusi tendangan penalti, salah satunya saat Italia berhadapan dengan Inggris pada Euro 2012 lalu.


Salut, Ozil Ikhlas Berikan Gajinya untuk Selamatkan Maskot Arsenal

"Antonin Panenka dibawa ke ruang perawatan intensif (ICU) hari ini, dalam kondisi yang serius," tulis Bohemian 1905 melalui cuitan Twitter.

Klub tersebut kemudian mengabarkan bahwa Panenka telah dinyatakan positif Covid-19.

Kepa Arrizabalaga: Saya Sangat Percaya Diri untuk Dapat Membalikkan Situasi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia