logo


Mengulik Peran Iptek Dalam Perikanan Budidaya: Model IPTEKMAS (Bagian 3-Habis)

Dalam rangka pengenalan hasil penelitian dan pengembangan, telah dilakukan penyegaran teknologi budidaya ikan

15 April 2015 15:57 WIB

Fungsi IPTEKMAS adalah menguji kehandalan dan performansi hasil penelitian dan pengembangan yang melibatkan pelaku usaha. FOTO: ISTIMEWA
Fungsi IPTEKMAS adalah menguji kehandalan dan performansi hasil penelitian dan pengembangan yang melibatkan pelaku usaha. FOTO: ISTIMEWA

JAKARTA JITUNEWS.COM – Produk perikanan merupakan sumber protein yang sangat penting dalam pemenuhanprotein masyarakat demi menjaga ketahanan pangan nasional. Pada dasarnya, selain aspek ketahanan pangan, sumber daya ikan dapat pula dijadikan sebagai penjamin bagi ketahanan nutrisi yang sama seperti yang dihasilkan oleh produk pangan lainnya.

Sektor perikanan budidaya yang saat ini telah berkembang pesat sebagai alternatif atas kecenderungan mulai menurunnya ketersediaan SDI dari sektor perikanan tangkap. Dukungan untuk industri perikanan budidaya dilakukan melalui berbagai penemuan dan pengembangan produk yang mendukung perbaikan efiiensi teknologi perikanan budidaya, diantaranya vaksin, pakan berbasis bahan baku lokal, dan model iptekmas.

Model IPTEKMAS


Terbukti Behasil, DPR Minta KKP untuk Dorong Budidaya Lele Bioflok

Dalam rangka pengenalan hasil penelitian dan pengembangan, telah dilakukan penyegaran teknologi budidaya ikan kepada para pembudidaya melalui bebrapa kegiatan seperti iptek untuk masyarakat (IPTEKMAS), diseminasi ataupun dalam bentuk lainnya dan sekaligus untuk menguji kehandalan dan performansi hasil penelitian dan pengembangan yang langsung melibatkan beberapa pelaku usaha.

Salah satu hasil yang sudah bisa dirasakan oleh masyarakat adalah alat pakan gantung ikan (APAGAN) berfungsi sebagai wadah pakan ikan dan udang melalui mekanisme pengontrolan waktu dan volume pakan secara otomatisasi yang disiman dengan cara digantung di atas kolam.

Melalui wadah pakan isi ulang yang ditempatkan di dalam alat pakan gantung ikan, pakan disebarkan dengan dynamo listrik merata ke seluruh wilayah kolam. Beberapa kelebihan APAGAN adalah mudah dibawa, dibongkar pasang, pemberian pakan dilakukan secara otomatis, penyebaran pakan merat dan wadah pakan dapat diisi ulang (sumber: Balitbang KP)

Baca juga Mengulik Peran Iptek Dalam Perikanan Budidaya: Pengembangan Vaksin (Bagian 1)

 

SKPT Mimika Berdampak Positif Pada Ekonomi Perikanan Masyarakat di Timur

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana