logo


5 Software PDF Selain Acrobat Reader yang Berukuran Ringan

Apa saja software PDF selain Acrobat Reader terbaik?

7 Oktober 2020 10:57 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Acrobat Reader adalah software pembaca dokumen berformat PDF yang paling populer di kalangan pengguna PC. Namun ukurannya yang lumayan besar membuat sebagian pemilik PC atau laptop dengan spek biasa kurang lancar dalam menjalankan Acrobat Reader. Oleh karena itu, semakin banyak ditemukan software PDF selain Acrobat Reader yang menawarkan fitur serupa dan lebih ringan.

Beberapa software di bawah ini merupakan solusi apabila PC atau laptop Anda terasa lemot ketika membuka dokumen PDF menggunakan Acrobat Reader. Sehingga tidak perlu repot-repot upgrade PC baru. Dengan spek standar atau di bawah standar sekalipun, masih bisa lancar membuka file PDF.

Lantas, apa saja software PDF selain Acrobat Reader terbaik? Berikut pembahasan selengkapnya. Beberapa Software PDF Selain Acrobat Reader 2020:


Penjualan Nintendo Switch Terus Meningkat

1. Sumatra PDF
Bagi kamu yang sedang mencari aplikasi PDF untuk laptop atau PC berukuran ringan, maka harus download Sumatera PDF. Sejauh ini, masih belum ada software lain yang lebih ringan daripada Sumatra PDF. Hadir dengan user-interface sederhana, membuat siapapun bisa memahami fitur-fiturnya tanpa khawatir kesulitan.

Sesuai namanya, software ini didesain khusus untuk membaca file PDF dengan cepat. Bisa diunduh oleh pengguna Windows XP sampai Windows 10 secara gratis. Sumatra PDF mendukung format file lainnya seperti buku komik berformat CBR atau CBZ, ebook berformat XPS, ePub, CHM, FB2, Mobi dan DjVU.

2. Nitro PDF Reader
Software PDF untuk laptop yang wajib dicoba selanjutnya adalah Nitro PDF Reader. Anda bisa mengunduh Nitro PDF secara gratis, namun dibekali berbagai macam fitur yang komplit dan canggih.

Dari segi tampilannya, tersedia theme khas Microsoft Office dan bisa diganti apabila kurang suka. Salah satu fitur paling menarik dari Nitro PDF Reader adalah QuickSign. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengambil foto tanda tangan dan menerapkan ke dalam file PDF.

Anda juga bisa mengubah file Microsoft Word ke PDF, mengambil foto dari dokumen PDF, dan mengubah PDF ke teks. Karena sudah mendukung touchscreen di perangkat tablet, membuat pembaca e-book harus mencoba Nitro PDF Reader.

Apabila ingin membuat kualitasnya semakin bagus dan dokumen lebih jelas, maka bisa menggunakan opsi Properti ketika ingin ngeprint dokumen untuk cara memperbesar file PDF di software Nitro ini.

3. Foxit Reader
Meskipun laptop atau PC Anda terasa sedikit lelet ketika menjalankan software Acrobate PDF, maka Foxit Reader bisa menjadi alternatif yang bagus. Sebab, ada banyak fitur canggih yang membuat pengalaman membaca file PDF semakin nyaman dan menyenangkan. Salah satunya adalah terintegrasi dengan Microsoft Office.

Sehingga, Anda bisa mengubah format dokumen dari Microsoft Office menjadi file PDF. Melakukan pekerjaan di Foxit Reader sangatlah mudah, karena hadir dengan antarmuka sederhana. Baik itu memberi komentar, tanda tangan, proses editing dan menyoroti dokumen.

Tersedia pula mode Safe Reading yang berguna untuk mematikan Javascript di dalam PDF secara otomatis.

Namun sayangnya, mengingstall Foxit Reader juga perlu memasang add-on khusus di browser. Ini seringkali membuat sebagian pengguna merasa repot. Jika Anda kurang suka, maka bisa mencari alternatif berikutnya.

4. PDF-XChange Viewer
Sebenarnya ada banyak software PDF selain Acrobate Reader yang terasa ringan dan cepat, salah satunya adalah PDF-Xchange Viewer ini. Diinstall di PC atau laptop standar sekalipun masih bisa dipakai dengan lancar untuk membuka dokumen berformat PDF.

Software ini dibekali sejumlah fitur yang canggih untuk anotasi dan menyunting dokumen. Namun, jika Anda ingin melakukan pekerjaan lebih kompleks maka harus upgrade ke versi berbayar.

5. Expert PDF Reader
Expert PDF Reader memiliki fitur-fitur yang lengkap, akan tetapi hadir dengan ukuran tetap ringan. Anda bisa dengan mudah menandatangani dan mengisi dokumen PDF sesuai kebutuhan, antarmukanya dibuat mirip Microsoft Word. Selain itu juga bisa dipakai untuk mengubah berbagai format file.

Informasi mengenai tips komputer dan android bisa kamu cek di situs merapote.com. Di sana banyak beragam pembahasan tentang android maupun komputer. Itu tadi adalah lima software PDF selain Acrobat Reader yang berukuran ringan, semoga bisa memberi manfaat untuk Anda.

StarCraft Remastered Bisa Dimainkan Dengan Resolusi 4K

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan