logo


Donald Trump Tidak Sabar Hadapi Joe Biden di Debat Capres AS Kedua

Presiden AS Donald Trump mengaku sangat menantikan acara debat capres kedua yang akan mempertemukannya dengan Joe Biden pada Kamis pekan depan

7 Oktober 2020 11:00 WIB

Donald Trump
Donald Trump NDTV

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Selasa (6/10) mengatakan bahwa dirinya sangat ingin untuk hadir dalam debat capres melawan Joe Biden, kandidat presiden AS dari Partai Demokrat pada Kamis pekan depan, meskipun saat ini dirinya masih belum pulih dari infeksi Covid-19.

"Saya tidak sabar menunggu acara debat pada Kamis malam 15 Oktober di Miami. Itu akan luar biasa!" tulis Trump dalam akun Twitternya.

Banyak pihak yang meragukan jika acara debat capres AS kedua tersebut dapat digelar sesuai dengan rencana usai Trump dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis pekan lalu.


UU Ciptaker Disahkan, Dahlan Iskan: Menteri Ketenagakerjaan Akan Sulit Tidur

Sehari berselang, Trump dilarikan ke rumah sakit militer AS Walter Reed yang berada di Maryland dan ia kembali ke Gedung Putih pada Senin (5/10). Pada Selasa (6/10), Trump merasa kondisi kesehatannya telah membaik dengan menuliskan cuitan "FEELING GREAT!"

Jika kondisi kesehatan Trump benar-benar pulih dan dinyatakan negatif Covid-19 serta acara debat tersebut digelar sesuai dengan rencana, maka itu merupakan salah satu dari upaya terakhir Trump untuk meningkatkan elektabilitasnya yang saat ini masih berada di bawah Joe Biden.

Menurut sejumlah survei, elektabilitas yang dimiliki oleh Joe Biden masih unggul dari Trump yang merupakan kandidat incumbent. Elektabilitas Trump bahkan tidak mengalami peningkatan setelah acara debat capres pertama pekan lalu berakhir dengan kekacauan.

Sedangkan untuk debat ketiga sekaligus debat capres terakhir akan digelar pada 22 Oktober mendatang di Nashville, atau 12 hari sebelum pilpres AS diselenggarakan.

Mantan Agen FBI 13 Tahun Menghilang di Iran, AS Minta Kompensasi USD 1.4 Miliar dari Teheran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia