logo


Ganjar Dukung Judicial Review terhadap UU Cipta Kerja

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung langkah gugatan judicial review UU Cipta Kerja bagi semua pihak yang tidak puas dengan keputusan DPR

7 Oktober 2020 09:22 WIB


SEMARANG, JITUNEWS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyadari jika keputusan DPR untuk mengesahkan UU Cipta Kerja Omnibus Law tidak memuaskan banyak pihak, khususnya buruh. Oleh karena itu, Ganjar juga meminta agar semua pihak, baik pemerintah, pengusaha dan buruh untuk mencari solusi yang terbaik dengan berdiskusi.

“Pertama yang kita lakukan adalah desiminasi. Kita duduk yuk, ketemu dengan pengusaha, buruh, kita ngobrol, mana yang kira-kira menjadi persoalan dan bagaimana kita melaksanakan itu, sehingga semua akan bisa mengerti,” kata Ganjar, Selasa (6/10).

Ia menilai komunikasi tersebut lebih baik bagi semua pihak guna menghindari aksi protes yang tentunya berpeluang untuk memunculkan klaster penyebaran virus Covid-19. Ia juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang sejauh ini masih menahan diri untuk tidak turun ke jalan.


Kecewa Berat UU Ciptaker Sah, Amanda Manopo Sindir DPR: Rakyat Bumi Mana yang Mereka Wakili?

“Saya menyampaikan terima kasih karena kerumunan-kerumunan tidak diciptakan,” katanya.

Ganjar juga mendukung adanya langkah dari semua pihak yang tidak puas dengan keputusan DPR tersebut untuk melayangkan gugatan judicial review UU Cipta Kerja kepada Mahkamah Konstitusi, dimana cara ini adalah prosedur terbaik yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Dan komunikasi atau jalur hukum, jalur politik untuk mereka bisa berkomunikasi, untuk mereka bisa membawa hak-haknya secara konstitusional mendapatkan ruang yang bagus. Cara ini menurut saya cara yang baguslah prosedurnya,” kata Ganjar.

Sudah Sah, Begini Penjelasan Krisdayanti Soal UU Ciptaker

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia