logo


Ahmad Dhani Sebut PKI Melebur ke PDIP, Arteria Dahlan: Bukan Hanya di PDI Perjuangan

Arteria Dahlan membenarkan pernyataan Ahmad Dhani soal PKI yang telah melebur ke PDIP

5 Oktober 2020 15:17 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politikus PDI Perjuangan Arteria Dahlan mengkonfirmasi pernyataan Wakil Sekertaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Dhani yang sebelumnya menyebut bahwa PKI telah melebur ke dalam pemerintahan Jokowi dan PDIP.

"Jadi kalau ditanya apakah PDI Perjuangan ada PKI-nya ya jelas. Karena kami partai terbuka ya. Dan tapi yang perlu kita ingatkan. Bukan hanya di PDI perjuangan yang ada PKI nya. Nanti teman-teman cari sendiri di partai mananya," kata Arteria di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip dari Detik.com pada Senin (5/10).

Arteria Dahlan menjelaskan bahwa hal itu terjadi karena PDIP merupakan partai yang terbuka.


Anggapan PKI Bukan Dalang G30S, Fadli Zon: Masih Saja Ada yang Mau Menyesatkan Sejarah

"Tapi di PDI Perjuangan bukan hanya anak PKI. Anak PRRI, anak DI-TII, dan utamanya lagi banyak anak TNI, banyak anak Polisi, banyak anak birokrat. Kenapa nggak dibilang partai TNI, partai polisi, partai birokrat. Gitu ya," jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa anggota PDIP berasal dari banyak latar belakang ideologi yang berbeda.

"Banyak PDI Perjuangan merekrut PKI. PDI Perjuangan merekrut orang yang terpinggirkan. Orang yang termarjinalkan. Contohnya saya. Kami dari keluarga PRRI. Diambil. Ya kenapa nggak dibilang PDI Perjuangan PRRI Permesta gitu?" kata Arteria.

Meskipun demikian, namun ia menegaskan bahwa mereka sudah meninggalkan ideologi asalnya dan menyesuaikan dengan ideologi PDIP.

"Ideologinya bukan ideologi PRRI lagi tapi ideologinya adalah ideologi sesuai anggaran dasar anggaran rumah tangga plus hukum negara," tambahnya.

Sebelumnya, Ahmad Dhani melontarkan pernyataan mengenai sejarah PKI. Ia menilai PKI telah melebur ke dalam partai dan elemen pemerintahan.

"Sebaliknya, mengapa masyarakat takut ada NEO PKI? Karena masyarakat tahunya PKI dulu melebur ke PDIP dan rakyat tahu PDIP memimpin koalisi Jokowi-Ma'ruf. Apalagi rakyat juga sudah tahu soal Pancasila mau diganti Trisila bahkan Ekasila," kata Ahmad Dhani.

Sebut Masyarakat Anggap PKI Melebur ke PDIP, Ahmad Dhani Minta Maaf

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia