logo


PSBB Auckland Segera Dicabut, Selandia Baru Kalahkan Virus Covid-19 Lagi

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan bahwa kebijakan lockdown di Auckland akan dicabut pada pekan ini

5 Oktober 2020 12:57 WIB

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern kompasiana

AUCKLAND, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern pada Senin (5/10) mengumumkan bahwa pihaknya akan segera mencabut aturan Pembatasan Soaial Berskala Besar atau lockdown yang diberlakukan di Auckland pada pekan ini. Ia optimis jika gelombang kedua wabah Covid-19 di kota terbesar di negara tersebut telah berakhir.

Mulai Rabu (7/10) pekan ini, status darurat di Auckland akan diturunkan menjadi level 1 setelah selama 10 hari berturut-turut tidak melaporkan satu pun kasus Covid-19.

"Saat ini kemungkinan 95 persen klaster Covid-19 berhasil dilenyapkan," kata Ardern dalam sebuah konferensi pers dikutip dari Channel News Asia.


Kasus Covid-19 Naik, Wali Kota New York Siap Berlakukan PSBB Jilid II

Negara yang berpenduduk 5 juta jiwa tersebut tampaknya sekali lagi berhasil menghentikan penyebaran wabah Covid-19 dengan memberlakukan aturan lockdown ketat. Meski demikian, Ardern meminta semua warganya untuk tetap mewaspadai ancaman wabah.

"Covid-19 akan tetap bersama kita beberapa bulan ke depan. Namun, kita harus menandai capaian ini," tambahnya.

Selandia Baru diketahui kembali memberlakukan kebijakan lockdown pada bulan Agustus lalu setelah munculnya 179 kasus Covid-19 dari klaster Auckland.

"Ini terasa lebih lama dan membuat kami mulai merasa sepertinya tahun ini menjadi sebuah tahun yang sangat panjang," katanya.

"Meskipun demikian, warga Auckland dan Selandia Baru tetap bertindak sesuai dengan rencana yang telah membuat keberhasilan dua kali saat ini, dan mengalahkan virus (Covid-19) lagi," tukasnya.

Menakjubkan, Dinyatakan Positif Covid-19 pada Kamis, Trump Gelar Pawai 3 Hari Kemudian

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia