logo


Kritik Perpres TNI Atasi Terorisme, DPR: Jangan Penangkalan Tumpang Tindih dengan Pencegahan

DPR minta penjelasan terkait peran TNI dalam menangkal tindak terorisme

5 Oktober 2020 05:00 WIB

Darizal Basir
Darizal Basir Padang Kita

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi I DPR RI, Darizal Basir menyoroti peran TNI dalam upaya penangkalan aksi terorisme yang tertuang di dalam draft Peraturan Presiden (Perpres) tentang Tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam Mengatasi Aksi Terorisme.

Darizal meminta penjelasan terkait penangkalan dan pencegahan dalam Mengatasi Aksi Terorisme. Ia mengingatkan agar peran keduanya tidak saling menindih.

"Cuma memang ada yang perlu dijelaskan oleh TNI itu pengertian dari penangkalan. Jangan penangkalan in tumpang tindih dengan pencegahan," kata Darizal seperti dilansir CNNIndonesia.com, Minggu (4/10/2020).


Sebut Gatot dan Najwa Pengecut, Teddy Gusnaidi: Apa Mereka Berdua Punya Nyali Terima Tantangan Gue?

Salah satu pasal dalam draft Perpres Tugas TNI dalam mengatasi terorisme yakni menerangkan tentang bentuk kegiatan TNI berupa intelijen, teritorial, informasi, serta operasi lainnya.

Menurut Darizal, Perpres tersebut akan menjadi petunjuk pelaksana bagi TNI dalam mengatasi aksi terorisme. Oleh karena itu perlu diperhatikan agar TNI bisa menjalankan amanat UU Nomor 5 tahun 2018 tentang pemberantaan Tindak Pidana Terorisme.

Soal Tewasnya Pendeta Yeremia, Mahfud Md: Jangan-jangan Dibunuh Kelompok Separatis Lalu Dituduhkan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati