logo


Bila Menangkan Pilkada, Cawalkot PDIP Bakal Terapkan Ekasila

Teno menganggap penerapan ekasila atau gotong royong dapat memajukan Pasuruan.

1 Oktober 2020 18:30 WIB

Raharto Teno Prasetyo
Raharto Teno Prasetyo Warta Bromo

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kader PDIP yang juga Cawalkot petahana Pasuruan, Jawa Timur, Raharto Teno Prasetyo berniat untuk menerapkan ekasila atau gotong royong apabila berhasil orang nomor satu di daerahnya. Ia maju didampingi oleh calon wakil wali kota Mochammad Hasjim Asjari.

Pernyataan itu disampaikan Teno dalam acara deklarasi kampanye damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan, Sabtu lalu (26/9). Video kampanye itu juga diunggah di kanal Youtube milik KPU Pasuruan.

Teno awalnya menyebut Pasuruan sebagai kota yang memiliki keanekaragaman dan bisa dibilang miniatur Indonesia. Ia yakin Pasuruan bisa menjadi kota yang maju apabila warganya saling bahu-membahu.


Puan Maharani: Jangan Sampai Peserta Pilkada Memobilisasi Massa Berkerumun

"Kota Pasuruan dengan keanekaragamannya, dengan dinamikanya, miniatur Indonesia, bisa disatukan saling bahu membahu, demi kemajuan Kota Pasuruan, seperti halnya bangsa Indonesia dengan keanekaragaman yang bisa dipersatukan dalam sebuah frame Pancasila," kata Teno.

Bagi Teno, keanekaragaman adalah kekuatan dalam membentuk bangsa dan daerah. Sebab itu, ia menganggap penerapan ekasila atau gotong royong dapat memajukan Pasuruan.

"Jika kita peras Pancasila munculah ekasila yang didapatkan dari Trisila, yaitu dari sosio nasionalis, sosio demokratis, ketuhanan yang berkebudayaan," jelas Teno.

"Dan jika kita peras lagi, kita kristalisasi lagi, hanya ada satu kata untuk mewujudkan kota Pasuruan yang lebih maju dan sejahtera adalah dengan cara bergotong-royong," imbuhnya.

Pilkada Tetap Digelar, Pengamat Sebut Pemerintah 'Super Nekat'

Halaman: 
Penulis : Iskandar