logo


Mahfud Md Bolehkan Nonton Film G30S/PKI, Asalkan...

Pemerintah tidak melarang maupun mewajibkan nonton film G30S/PKI

30 September 2020 04:30 WIB

Mahfud MD
Mahfud MD voi.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md membolehkan masyarakat menonton film G30S/PKI. Meski demikian, ia melarang menonton secara bersama-sama sehingga menciptakan kerumunan.

"Saya sudah mengatakan, pemutaran film itu (G30S/PKI) boleh, tidak ada yang melarang. Pemerintah tidak melarang tapi juga tidak mewajibkan. Jadi silahkan saja televisi yang merasa ingin menayangkan dan punya kontrak dengan pemegang hak siaran silakan, yang mau nonon di YouTube silahkan," kata Mahfud Md seperti dilansir detikcom, Selasa (29/9/2020).

"Pemerintah hanya akan melarang bilamana ada kerumunan-kerumunan, termasuk misalnya nonton bareng yang melanggar protokol kesehatan," imbuhnya.


Tak Kantongi Izin Satgas Covid-19, Alasan Acara KAMI Dibubarkan Polisi

Tidak hanya kerumunan karena nobar film G30S/PKI saja yang dilarang. Mahfud mengatakan segala bentuk kerumunan yang melanggar protokol kesehatan akan ditindak.

"Dan itu berlaku bukan hanya untuk penonton G30S/PKI, tetapi untuk kegiatan apapun yang melanggar protokol kesehatan itu dilarang," tegasnya.

Kritik Mini Lockdown, Politisi PAN: Mengapa Baru Muncul Sekarang?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati