logo


Ingin Teheran Terisolir dari Dunia Luar, AS Siapkan Sanksi untuk Seluruh Sistem Finansial Iran

AS dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi tambahan kepada Iran sehingga negara tersebut akan sepenuhnya terisolir dari sistem finansial global

29 September 2020 12:08 WIB

Gedung Putih AS
Gedung Putih AS istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pemerintah Amerika Serikat dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk mennjatuhkan sanksi terhadap seluruh sistem finansial Iran sehingga negara tersebut nantinya akan benar-benar terisolir dari dunia luar. Hal tersebut dilaporkan pertama kali oleh kantor berita Bloomberg pada Senin (28/9).

Sanksi tersebut secara spesifik akan dijatuhkan kepada sedikitnya 14 perusahaan perbankan di Iran yang selama ini berhasil lolos dari pemblokiran yang dilakukan oleh AS. Tiga narasumber Bloomberg menyebut jika sanksi tersebut disetujui, maka sejumlah sektor finansial Iran akan terdampak langsung, termasuk di dalamnya pelaku dan pengusaha money-changer, mereka yang terlibat dalam sektor pertambangan, konstruksi dan sejumlah industri lainnya.

Rencana AS tersebut, yang tentunya membuat Iran secara efektif terisolir dari sistem finansial global, untuk saat ini masih belum diserahkan kepada Presiden Donald Trump.


Diambang Perang, Bangladesh Siapkan Peralatan Tempur Mereka di Perbatasan dengan Myanmar

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengumumkan bahwa sanksi PBB juga saat ini tengah diberlakukan terhadap Iran, dimana AS siap untuk mengeluarkan sanksi tambahan jika sejumlah negara anggota PBB tidak mengikutinya.

"Alih-alih menunggu Iran untuk mengancam dunia, pemerintah Amerika Serikat akan bertindak untuk mencegah negara pendukung teror nomer satu di dunia tersebut mendapatkan senjata nuklir. Hal ini mencakup sanksi atas 25 lembaga dan individual (Iran). Kami akan menjaga rakyat AS dan dunia tetap aman!" cuit Pompeo pada 21 September lalu.

Untuk diketahui, sejumlah negara sejauh ini menolak rencana AS untuk menjatuhkan sanksi terhadap Iran. Perwakilan Uni Eropa untuk masalah luar negeri, Joseph Borrel, dalam pernyataan tertulisnya mengatakan bahwa AS tidak bisa secara sepihak kembali memberlakukan sanksi internasional terhadap Iran dimana AS sendiri sebelumnya telah keluar dari kesepakatan nuklir.

Meskipun mendapat penolakan dari sejumlah negara, namun AS terus mencari peluang untuk dapat menjatuhkan sanksi terhadap Iran.

Jerman Sarankan AS-Eropa Bersatu Hadapi Ancaman dari China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia