logo


Pulau Bintan Pariwisata Anjlok 90 Persen, Pemerintah Siapkan Stimulus

Pulau Bintan sepi pengunjung

29 September 2020 09:17 WIB

Pulau Bintan
Pulau Bintan Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang terdampak karena pandemi Covid-19. Penurunan pendapatan di sektor pariwisata nyaris seratus persen. Begitu juga sektor pariwisata di Bintan yang telah kehilangan pendapatan sekitar 15 juta dolar Amerika.

Pulau Bintan telah kehilangan sekitar 3 juta wisatawan mancanegara selama pandemi corona. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto saat berkunjung ke Bintan pada Jumat (25/9/2020).

"Pendapatan sektor pariwisata di Bintan turun 90 persen," kata Airlangga saat memberikan keterangan pers dalam Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).


Ramai Jual Beli Pulau Lewat Situs Online, Menteri KKP Izinkan Jual Pulau Buton Asalkan...

Airlangga mengatakan bahwa pemerintah pusat akan memberikan stimulus terhadap sektor pariwisata termasuk di Bintan. Pemerintah akan melakuan imunisasi masal yang disiapkan oleh Kementerian Kesehatan. Ia yakin sektor wisata Bintan akan kembali pulih.

"Bintan memiliki daya tarik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mencanegara," lanjutnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan pemerintah akan melakukan berbagai kebijakan agar pariwisata Bintan bisa berkembang pesat. Ia mengatakan dengan bangkitnya sektor pariwisata, maka kesejahteraan masyarakat juga ikut meningkat.

"Bintan ini menarik, eksotis, dan strategis sehingga sektor pariwisata potensial berkembang pesat," ujarnya.

Ruhut Sebutkan Sosok yang Pantas Dampingi Puan di Pilpres 2024, Siapa Saja?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati