logo


Tanri Abeng Sebut dalam Road Map yang Disusunnya, Kementerian BUMN Bubar Tahun 2010

Kementerian BUMN akan digantikan Badan Pengelola BUMN

29 September 2020 05:45 WIB

Komisaris Utama PT Pertamina Tanri Abeng.
Komisaris Utama PT Pertamina Tanri Abeng. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang pertama Tanri Abeng mengatakan bahwa berdasarakan road map yang disusunnya, Kementerian BUM berakhir pada tahun 2010.

Hal tersebut rupanya merespon terkait wacana pembubaran Kementerian BUMN yang akan diganti pembentukan superholding.

"Road BUMN yang saya lahirkan untuk 2000-2015 saya sudah merancang Kementerian BUMN berakhir pada tahun 2010. Jadi dia hanya 10 tahun sebagai kementerian," kata Tanri Abeng dalam sebuah diskusi online, Senin (28/9/2020).


Karena Hal Ini, Arief Poyuono Sebut Erick Thohir Kinerjanya Sangat Buruk

Tanri mengatakan bahwa diperlukan waktu 5 tahun untuk menggganti Kementerian BUMN menjadi Badan Pengelola BUMN. Namun ia tidak melihat tanda-tanda pemerintah melakukan hal tersebut.

"Jadi pada tahun 2015 sebenarnya kalau mengikuti road map saya tidak ada lagi Menteri BUMN tidak ada Kepala Badan, tapi yang ada Dirut National Holding Company," ujarnya.

Ia menyarankan agar pembentukan Badan Pengelola BUMN dipersiapakan dengan matang. Pasalnya untuk melakukan hal tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Jadi kalau menurut saya, kalau memang pilihan politik superholding dan saya kira memang jangka pajang seyogyanya ke sana. Maka harus jauh-jauh hari sudah ada sinyal dari pimpinan politik kita menuju kepada superholding itu," pungkasnya.

Perlu Tahapan, Erick Thohir Bilang Vaksin Merah Putih Baru Bisa Diproduksi pada 2022

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati